[Book Review] Membacakan Nyaring



Judul Buku   : Membacakan Nyaring
Penulis          : Roosie Setiawan
Penerbit        : Noura ( PT Mizan Publika)
Tebal Buku   : viii + 127 hlm
Tahun Terbit: September 2017 (Cetakan ke-1)
ISBN                : 978-602-385-275-8

Memberikan asupan bagi anak tidak melulu dengan memberikan makanan bergizi seimbang. Menstimulasi dengan berbagai macam kegiatan pun menjadi salah satu cara kita mengasah pertumbuhan dan perkembangan anak sesuai dengan umurnya. Di 1000 hari pertama anak merupakan masa emas dalam memberikan stimulasi yang akan berkembang setelah anak berusia lebih dari dua tahun. Di 1000 hari pertama kehidupan anak dimulai saat masih berada dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Buku "Membacakan Nyaring" ini berisi tentang cara mengasah ketrampilan literasi bayi berumur 0-24 bulan dan mengembangkan literasi usia dini, yaitu ketika anak masih berada dalam kandungan. Terbukti bahwa dengan membacakan nyaring dapat memaksimalkan perkembangan otak dan merangsang imajinasi bayi, mempererat ikatan orangtua dan bayi, melatih daya ingat dan konsentrasi, melatih kemampuan mendengar dan berbicara, dan menanamkan kecintaan membaca sejak dini.
Dalam buku ini dijelaskan tahap ketrampilan literasi anak, yang meliputi:
1. Tahap mendengar (0-2 bulan)
2. Tahap mengamati (2-4 bulan)
3. Tahap bergumam (4-8 bulan)
4. Tahap berceloteh (8-12 bulan)
5. Tahap membuat kata (12-18 bulan)
6. Tahap mengucapkan kalimat (18-24 bulan)
Di dalam buku juga  dijelaskan tentang perkembangan bayi sesuai tahapannya, pilihan kegiatan bersama bayi, dan cara memulai dan mengakhiri stimulasi membaca bersama bayi disertai tantangannya.

Buku yang disajikan full colour ini menampilkan dengan apik tahapan membacakan nyaring bagi bayi, yang mana banyak diantara ibu-ibu menundanya hingga anak bisa membaca. Padahal dari manfaat yang bisa kita petik sangatlah banyak. Penggunaan bahasa yang ringan dan mudah dipahami tidak membuat buku ini berat dibaca, sehingga untuk melakukan praktek langsung kepada bayi sangat mudah diaplikasikan.

Tak hanya ringan dibaca untuk para ibu. Adanya contoh buku dan contoh gambar mempermudah ibu dalam memberikan dan menyediakan buku yang sesuai dengan tahapan umur bayi.  Contoh gambar bisa langsung dipraktekkan bersama anak. Kertas berwarna, lebih dominan gambar dibanding tulisan membuat bayi bisa melihat dan ikut membaca buku ini. Hanya saja, karena kertas dalam buku ini gampang sobek, harap berhati-hati saat bayi mengeksplor buku ini.

Secara umum, buku ini sangat rekomen bagi para ibu yang ingin mencetak seorang  pejuang literasi.

Comments

  1. Bukunya menarik. Recommended banget ya mbak Kiky, terutama di 1000 hari pertama anak ^^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Cushion Murah di Bawah 100 Ribu, Esenses Skin Perfecting Cushion