Mengapa Kulit Wajah Lebih Gelap?

Sumber Gambar: online100persen.com

Seringkali para wanita mengeluhkan kulit wajahnya berubah menjadi lebih gelap. Hal ini tentunya terdapat penyebabnya sendiri. Paparan dari lingkungan menjadi salah satu mengapa kulit wajah menjadi lebih gelap. Agar kulit wajah tetap terjaga kecerahannya, tentunya kita harus tahu lebih dulu penyebab kulit wajah menjadi lebih gelap sebelum melakukan perawatan wajah.

Penyebab Kulit Wajah Lebih Gelap

1. Terpapar Sinar UV B

Sinar UV B dapat mengubah kulit wajah menjadi lebih gelap. Biasanya orang yang sering keluar rumah tanpa menggunakan proteksi akan lebih mudah terpapar sinar UV B.

2. Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik

Membersihkan wajah secara teratur akan membersihkan secara menyeluruh kotoran yang menempel di kulit wajah. Jika kotoran pada kulit wajah tidak dibersihkan secara baik, akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan berubah lebih gelap.

3. Kurang Asupan Air

Asupan air yang masuk ke dalam tubuh menjadi hal yang penting dalam perawatan wajah. Selain itu, adanya kandungan skincare yang melembabkan kulit wajah akan membantu kulit tetap lembab dan terhindar dari hal yang dapat membuat kulit dehidrasi dan kusam.

4. Kurang Cocok Saat Menggunakan Kosmetik

Breakout tak hanya menjadi salah satu faktor tidak cocok menggunakan kosmetik jenis tertentu. Ada juga akibat lain dari kurang cocok menggunakan kosmetik, yaitu membuat kulit wajah kusam.

5. Kurang Tidur

Istirahat menjadi hal yang penting dalam proses regenerasi kulit. Kulit yang beregenerasi dengan baik akan menghindarkan dari risiko kulit kusam.

Tips Kulit Tetap Cerah

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari dan Jangan Lupa untuk Re-apply

Penggunaan sunscreen akan mencegah kulit menjadi lebih gelap sekaligus untuk mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan. Gunakan Sunscreen setiap pagi hari dan re-apply sesuai dengan kandungan SPF, kebutuhan, dan aktivitas.

2. Gunakan Kosmetik yang Cocok

Pergunakan kosmetik yang cocok di kulit. Kita bisa melihat kandungan kosmetik di label ingredient yang terdapat pada kemasan kosmetik. Jika ada bahan kosmetik yang dapat membuat kulit wajah tak cocok, ada baiknya untuk menghindari dan memilih kosmetik dengan bahan yang aman untuk kulit.

3. Gunakan Kosmetik dengan Bahan Pencerah

Kini banyak kosmetik yang disertai dengan kandungan bahan pencerah. Seperti niacinamide (vitamin B3), Licorice, maupun AHA.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih akan menghindarkan tubuh dehidrasi yang akan mempengaruhi kelembaban dan elastisitas kulit.

5. Lakukan Double Cleansing di Malam Hari

Di malam hari, ada baiknya untuk menghapus seluruh make up dan skincare yang sudah digunakan seharian. Menghapus make up dan kotoran yang menempel di kulit wajah akan membantu proses regenerasi kulit. Lakukan pembersihan dengan cleanser dan lanjutkan dengan face wash agar kulit wajah menjadi lebih bersih sebelum melangkah ke skincare tahap selanjutnya.

6. Makan-Makanan dengan Gizi Seimbang

Makan gizi seimbang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh saja. Gizi seimbang juga akan  menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit tetap lembab, elastis, dan lebih bercahaya.

7. Hindari Tidur Larut Malam

Hindari begadang dan baiknya tidur sebelum pukul 11 malam untuk membantu proses regenerasi kulit.



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm