Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan



Melahirkan merupakan momen yang paling dinanti oleh pasangan suami istri yang akan memperoleh keturunan. Setelah melewati 9 bulan kehamilan, proses melahirkan ibu harus disiapkan untuk mengantisipasi ragam hal yang bisa mengancam nyawa ibu dan anak. Berikut beberapa hal yang harus ibu persiapkan sebelum kelahiran anak:

Rencana Kelahiran

Ibu seharusnya merencanakan akan melahirkan di fasilitas kesehatan mana. Dengan adanya perencanaan dalam memilih fasilitas kesehatan akan membantu ibu ketika sudah merasakan kontraksi saat melahirkan. Ada baiknya dalam merencanakan kelahiran, ibu juga berkonsultasi pada tenaga medis yang terkait.

Selain itu, rencanakan pula transportasi yang akan digunakan menuju fasilitas kesehatan. Ada baiknya mempersiapkan (bisa meminjam) kendaraan yang akan membuat nyaman menuju fasilitas kesehatan.

Biaya persalinan juga harus dipersiapkan dengan baik. Terlebih jika tidak memiliki asuransi apapun, ada baiknya memiliki tabungan lebih jika sewaktu-waktu ada kejadian yang membuat biaya persalinan membengkak.

Persiapan Perlengkapan Bayi

Perlengkapan bayi bisa disiapkan sejak jauh-jauh hari sebelum hari kelahiran mendekat. Beberapa kebudayaan ada yang beranggapan bahwa untuk menyiapkan perlengkapan bayi bisa dilakukan sejak bayi usia 7 bulan dalam kandungan. Beberapa perlengkapan bayi bisa dibeli atau lungsuran dari keluarga terdekat.


Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni