Kampung Wisata Arifa: Wisata Hits Jepara

Bagi yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun, bisa nih ke Kampung Wisata Arifa, Jepara. 😁

Kampung Wisata Arifa terletak di desa Ngasem kecamatan Batealit kabupaten Jepara. Rutenya cukup mudah, bagi yang melaju dari arah Kudus, Jepara, atau Semarang bisa masuk ke gang Cemoro Cilik (Abella). Di gang ini sudah ada papan penunjuk jalannya, cukup jalan lurus nanti akan ada papan petunjuk yang menandakan sudah sampai di lokasi.

Nah,berhubung lokasi wisata ini berada di kampung warga. Jadi setelah bayar parkir, kita akan melewati beberapa rumah warga sebelum sampai di lokasi parkir sepeda motor. Jika menggunakan mobil, parkir yang disediakan cukup jauh dari pintu masuk ke lokasi.

Bagi yang ke lokasi ini saat musim penghujan, sebaiknya disesuaikan baju dan alas kaki yang dipakai. Karena sebagian jalan masih berupa tanah merah yang agak licin saat dalam kondisi basah.

Nah, masuk ke lokasi cukup murah karcisnya. Cukup membayar 5 ribu rupiah untuk orang dewasa dan gratis bagi anak. 😁 Dan di wisata ini menyediakan promo door prize yang akan diundi pada bulan Februari 2019. Lumayan kalau menang bisa dapat heater atau sepeda. 😀

Sebelum masuk ke lokasi, ada dua buah spot foto yang bisa dipakai pepotoan.




Ada berbagai macam wahana yang menarik di sini. Terutama di saat liburan, ada tambahan kejutan dari pengelola yang disediakan untuk pengunjung. Saat berkunjung ke sana, ada foto dengan ular Sanca dan foto bareng baja hitam. Berhubung anak saya ketakutan, kami tidak jadi foto dengan tambahan fasilitas tersebut.

Yang menarik dari wisata ini, di sini tidak hanya anak muda atau anak SD saja yang berkunjung. Ada beberapa keluarga yang menghabiskan liburan di sini dan juga para ibu-ibu yang asyik bersama teman-temannya foto selfie di berbagai spot yang tersedia.

Wahana yang Tersedia

Berada di tanah milik pribadi, ada berbagai macam wahana yang tersedia di sini. 

1. Kebun Bunga Matahari
Di sini terdapat kebun bunga matahari yang cukup banyak ditanami bunga matahari. Hanya saja karena baru ditanam, kebun di sini belum terlalu rimbun dan masih banyak pohon bunga yang mati.



2. Rumah Kelinci
Rumah Kelinci menjadi wahana yang cukup ramai di Kampung Wisata Arifa. Terdapat beberapa rumah Kelinci dan terowongan lengkap dengan kelinci yang dilepas dan mudah ditangkap. Bagi yang ingin memberi makan kelinci bisa membeli pakan di penjaga rumah Kelinci ini.


3. Terapi Ikan
Bagi yang ingin bersantai, bisa ngobrol sambil memasukkan kaki ke dalam kolam yang berisi ikan. Tapi karena ikan tidak terlalu banyak, ikan tidak mau memakan kotoran yang ada di kaki. 😑


4. Cafe
Bagi yang kelaparan dan tak bawa bekal bisa menikmati beberapa makanan dan minuman yang tersedia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan cocok dikantong para anak muda.


5. Gazebo
Beberapa gazebo disediakan bagi yang ingin bersantai bersama keluarga. Selain itu, untuk yang lapar bisa sambil memesan makanan di cafe dan pelayan dengan sigap mengantarkan ke gazebo.


6. Wahana Permainan
Untuk wahana permainan, seperti bianglala, mandi bola, dan wahana bermain lain ditarik lagi uang sebesar 10 ribu rupiah.




7. Melukis
Bagi yang anaknya suka melukis, bisa mencoba mewarnai di kanvas yang sudah disediakan. Hanya saja untuk wahana ini juga harus membayar. 



8. Kamar Mandi
Tersedia dua kamar mandi di kampung wisata ini. Cukup bersih dan nyaman. 

Karena masih dibuka, wahana lain sedang dalam pembangunan. Mungkin di tahun depan, wahana yang disediakan semakin banyak dan semakin bagus.

Spot Foto Wisata Kampung Arifa

Keunggulan di kampung wisata ini adalah banyaknya spot foto yang tersedia. Selain gratis, kita bisa berfoto ria bersama keluarga maupun teman.

1. Balon Udara
Bagi yang ingin berfoto seperti sedang menaiki balon udara, di sini tersedia dua balon udara yang bisa digunakan. Pertama yang ada di kebun bunga matahari dan kedua berada di depan cafe.



2. Spot Instagram
Nah, yang menarik lagi di sini disediakan spot foto ala background Instagram. Hanya saja karena letaknya di kebun bunga matahari, untuk memotret dengan baik dan full agak susah karena tertutup dengan beberapa pohon bunga matahari.



3. Kursi Single
Bagi yang ingin berfoto sendiri bisa memanfaatkan kursi Single warna putih yang ada di rumah Kelinci.





4. Sepeda
Ada beberapa sepeda yang tersedia di rumah Kelinci. Di sini kita bisa foto sepuasnya di beberapa sepeda yang telah disediakan.



5. Jalan Antara Kebun Bunga dan Rumah Kelinci
Bagi yang suka foto dengan background payung warna-warni di atas bisa foto di sini. Hanya saja karena sangat ramai untuk mendapat gambar yang eksklusif agak susah 😐



6. Ayunan
Bagi yang pengen foto ekstrem, bisa foto di ayunan ini. Mungkin karena kurang pengaman yang memilih foto di sini agak kurang.

7. Gubug Penantian
Bagi para jomlo, bisa berfoto sepuasnya di sini. Ada dua gubug kecil ala rumah adat Papua dan disediakan bunga plastik untuk berfoto.


8. Dokar
Yang pengen foto ala tempo jaman dulu bisa foto di Dokar. Ditambah background sawah khas pedesaan yang cukup apik.

Ini nih, sawah di Kampung Wisata Arifa.


Overall, Kampung Wisata Arifa cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman. Selain temannya yang cukup bagus dan luas, pelayanannya juga cukup ramah dari para karyawan di sini.

Comments

  1. Ya Allah.. Pengen ke kebun bunga matahari. Selama ini cuma makan kuacinya doang, sekali2 pengen lihat tumbuhan bunga matahari langsung

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ayok ke Jepara A', banyak wisata murah meriah 😬

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm