KELOLA EMOSI YUK

Emosi yang merupakan kumpulan perasaan yang mendorong seseorang melakukan sesuatu. Dimana emosi ini terkadang berkonotasi ke arah yang lebih negatif

Dimana dalam mendidik anak pun kita harus pandai-pandai mengelola emosi. Mengelola pikiran dan perasaan kita agar saat terjadi pemicu, tingkah laku kita menjadi semakin adaptif.

****

Seharian ini berusaha menerapkan tahapan komunikasi produktif dengan pengelolaan emosi.

Berusaha legowo saat si anak bertindak tidak sesuai dengan harapan.

Apalagi di saat Ramadhan seperti ini, mengelola emosi dengan baik akan menjadi salah satu diterimanya amal ibadah puasa kita, jika kita bisa mengelola kemarahan kita.

Adakalanya suara kita meninggi, pukulan ke arah anak kita melayang, ataupun sikap kasar kita kepada anak. Benar-benar harus dikelola dengan baik

Saat emosi sudah terkelola dengan baik. Tak jarang banyak keuntungan yang dapat kita petik dari kesabaran kita dalam mengelola emosi.

Memang praktik pengelolaan emosi yang bisa menghasilkan komunikasi produktif dengan anak tidak bisa dilakukan dengan instan.



Saya memulainya dari kemarin. Alhamdulillah banyak sekali buah dari praktik pengelolaan emosi yang bisa saya petik hari.

1. Proses toilet training anak berjalan semakin lancar
Yang semula anak selalu bermain air saat ditatur menjadi lebih konsen dengan proses taturnya.
Tak butuh waktu lama untuk mentatur. Dan alhamdulillah tak lagi kecolongan lagi seharian ini.

2. Anak menjadi semakin lengket
Dimana saat emosi terkelola dengan baik, anak tidak takut untuk melakukan sesuatu. Apalagi saat dia melakukan sesuatu tidak ada bayangan anak akan dimarahi. Anak menjadi bebas mengeksplor lingkungannya. Hingga proses bermain kami seharian ini pun menjadi semakin menyenangkan

3. Nafsu makan anak menjadi semakin baik
Terkadang ada perasaan marah, sebel saat anak tidak makan dengan lahap. Dengan emosi yang terkelola dengan baik, anak menjadi makan lahap, adab makan anak menjadi semakin baik. Tak ada lagi acara kejar-kejaran saat waktu makan tiba. Anak menjadi anteng saat disuapin.

4. Dan yang paling WOW dari proses mengelola emosi adalah tidak ada lagi tantrum yang melandamu nak

#day3
#level1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm