TOILET TRAINING KAMU PASTI BERHASIL NAK

Masih dalam rangka perjalanan toilet training si anak. entah dari kemarin siang tiap anak tidur pasti ngompol, berlanjut hingga kemarin malam. alhasil, sprei yang baru saja diganti harus diganti kembali.

Kembali pagi tadi saya pun bercerita dan berbicara kepadanya tentang toilet training. kapan harus bilang pipis, dan apa yang harus dilakukan anak sebelum tidur. ada saatnya memang anak lupa atau saya yang lupa menanyakan "adek, pengen pipis?". dan saat ini pun yang saya pikirkan bukan mengapa anak mengompol, tapi bagaimana anak tidak mengompol dan itu konsisten.

Pembicaraan dengan anak memang harus dilakukan dari hati ke hati, tidak bisa dengan emosi negatif, harus dengan memahami perasaannya, dan pastinya harus menggunakan suara yang ramah.

Berbicara dengan emosi yang meledak-ledak justru akan memancing emosi anak. Anak menjadi susah diatur dan kurang bisa dikendalikan tingkah lakunya.

Alhamdulillah, cara tersebut berhasil untuk anak saya dalam seharian ini. Anak tidak mengompol dan sebelum BAK sudah bilang pengen pipis, sebelum BAB bilang pengen eek.

#day7
#level1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni