Mengenal Nasionalisme

Dulu, zaman saat masih SD ada pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, dimana dalam pelajaran tersebut ada pelajaran tentang moral, adab, dan tentang pancasila. Dan cinta tanah air salah satunya. Tetapi, sekarang pelajaran tersebut berubah yang namanya pendidikan kewarganegaraan. Yang isinya tentang teori-teori. Jujur, saat menerima pelajaran ini saya sudah SMA, dan agak memahami lah kalau ini diberikan untuk anak SMA.

Lanjut ke pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, yang menurut saya lebih cocok diberikan untuk anak sekolah lanjut, bukan dari anak sekolah dasar. Yang menurut saya, untuk anak sekolah dasar lebih diberikan pelajaran untuk dasar dia lebih mengerti adab dan lebih mencintai negaranya.

Hal serupa saya ajarkan ke anak saya. Memang untuk awal saya cenderung memberikan pendidikan tauhid ke anak, sambil berjalannya waktu, saya berikan pula pendidikan pancasila agar kelak dia akan mencintai negaranya, bisa membela negaranya di atas agama Islam.

Memang untuk awal, saya hanya memberikan pendidikan melalui lagu-lagu. Seperti lagu Indonesia Raya dan garuda pancasila. Sambil terus memberikan stimulasi yang lain, seperti saat menonton pertandingan olahraga, dengan meneriakkan In-do-ne-sia.

Cukup sederhana, tapi semoga ini bisa jadi landasan untuk anakku untuk tetap mencintai Indonesia, tanah airnya.

#day7
#onedayonepost

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband