Skincare untuk Pemula

Merasakan tak merawat wajah sejak hamil membuat kulit wajahku sekarang semakin kusam. Ingin kembali sehat lagi seperti sebelum hamil tapi tak ingin repot harus bolak-balik ke klinik, membuatku ingin melakukan perawatan wajah sendiri di rumah. Berbekal ilmu dari salah satu grup whatsapp, perlahan aku mencoba mempraktekkannya.

Memang bukan hasil instan yang diperoleh, karena prinsip skincare adalah ketelatenan dan konsisten. Tak boleh bolong-bolong. Kalau bolong ya harus mengulang dari awal.

Ada empat tahap yang perlu dilakukan dalam skincare untuk pemula ini:

1. Cleansing
Merupakan salah satu tahap terpenting dalam rangkaian skincare. Tujuannya untuk membersihkan wajah dari make up dan residu skincare sebelumnya.
Untuk pagi hari cukup dengan memakai facial wash. Sedang untuk malam hari perlu double cleansing, yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan oil/milk cleanser dilanjutkan dengan facial wash

2. Toning
Bertujuan untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah setelah dilakukan cleansing, selain itu juga untuk membersihkan sel kulit mati.
Ada dua jenis toner, yaitu: exfoliating toner/acid toner dan hydrating toner.

3. Moisturizing
Lebih dikenal dengan pelembab wajah. Ada day cream dan night cream. Untuk penggunaannya disesuaikan dengan jenis kulit dan goal yang ingin dicapai, seperti brightening, anti acne, ataupun anti aging.

4. Protecting
Bertujuan untuk melindungi wajah dari paparan sinar UV. Lebih dikenal dengan sunscreen/sunblock. Selain untuk melindungi paparan sinar UV, sunscreen/sunblock dikenal pula dengan anti agung alami.

Menggunakan skincare merupakan investasi untuk kulit. Jangan sampai saat sudah bermasalah baru nggeh dengan perawatan wajah.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni