Membangun Komunitas, Membangun Peradaban (NHW#10_matriks kordi)

Perkenalkan, saya Alif Kiky Listiyati. Sekarang menjadi member ibu profesional wilayah Jepara.

Sekarang ini saya menjabat sebagai admin WAG ibu profesional wilayah Jepara. WAG IIP Jepara terbagi menjadi dua, yaitu grup member dan grup foundation. Meski wilayahnya ada di kabupaten Jepara tetapi, member dan anggota foundation lain seperti dari Kudus, Pati, dan Rembang kumpul menjadi satu dalam naungan IIP Jepara.

Di dalam komunitas ini, banyak sekali latar belakang member dan anggota Jepara. Hingga saat disatukan pun tidak bisa sepemikiran utuh. Meski begitu, kami tetap menjunjung tinggi CoC IIP dari pusat. Jika terdapat satu anggota yang menyeleweng tetap diberi instruksi dan arahan sesuai dengan CoC.

Karena banyak wilayah jadi satu di IIP Jepara. Otomatis dari kabupaten lain yang terhambat jarak dan waktu untuk mengikuti kegiatan offline, memanfaatkan WAG ini sebagai salah satu media dalam mempererat silaturahim, brainstorming, dan sarana menuntut ilmu. Dengan catatan masih dalam konteks ilmu ibu profesional.

Tantangan sebagai admin WAG banyak yang saya alami. Misalnya, dalam menyapa member dan brainstorming masih terkendala waktu yang kurang pas. Ataupun banyak yang menjadi silent reader sebelum CoC diterapkan. Meski setelah disosialisasikan CoC masih ada beberapa yang silent reader, terkadang kami memaklumi karena kesibukan para member yang berbeda-beda.

Dari hasil temu bakat (st30), potensi saya adalah seorang analis, komunikator, creator, designer, evaluator, jurnalis, dan strategist. Dari potensi bakat yang saya temukan, saya mensyukuri apapun itu pemberian Allah. Memanfaatkan kemampuan saya untuk kebaikan komunitas. Mencoba menggali lebih dalam tentang bakat saya dan memaksimalkan untuk komunitas dan peradaban.

Dari bakat tersebut saya menggali untuk lebih interaktif dan berkomunikasi produktif dengan member WAG. Membuat tulisan penyemangat ataupun hanya membuka grup di pagi hari.

Harapan saya untuk IIP Jepara adalah semakin bertambahnya member, baik member IIP ataupun member foundation. Sehingga, saya dapat lebih banyak mengenali karakter orang.

Untuk ke depan, semoga saya lebih baik lagi dalam menjadi admin WAG. Konsisten, adalah kunci utama membangun komunitas ini. Lebih mengakrabkan dengan member dan membuat hangat WAG.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni