Dilan



Judul       : Dilan (Dia Adalah Dilanku Tahun 1990)
Penulis   : Pidi Baiq
Penerbit: DAR! Mizan
ISBN        : 978-602-7870-41-3

Novel ini mengisahkan tentang seseorang yang bernama Milea Adnan Husein, yang biasa dipanggil Milea atau Lia. Menceritakan tentang kisahnya di tahun 1990 saat ia mengenang kisah cintanya bersama Dilan.

Milea, seorang gadis kelas 2 SMA mulai mengenal Dilan setelah dua minggu ia pindah sekolah di Bandung. Dilan, pemuda yang selalu membuat Milea penasaran akan asal usul Dilan yang selalu membuat Milea bertanya-tanya siapa gerangan dirinya. Hingga suatu hari Dilan dihukum oleh seorang guru BP dan saat itu Milea tahu bahwa orang yang ia maksud bernama Dilan.

Meskipun Milea sedang menjalin hubungan jarak jauh dengan Beni, teman Milea di Jakarta. Milea seperti mendapatkan angin sejuk yang selalu dihadirkan Dilan kepada Milea. Kejutan-kejutan dari Dilan selalu membuat Milea terkenang dan tak mampu sedikit pun tidak berhenti memikirkan Dilan.

Dilan seorang anak geng motor tetapi berprestasi di sekolah, seringkali mendapat panggilan bahkan skorsing dari guru BP. Baginya mempertahankan harga diri adalah harga mati. Meskipun yang ia hadapi adalah seorang pendidik di sekolahnya.

Milea mulai jatuh hati karena kejutan-kejutan dari Dilan. Menurutnya, kejutan Dilan memang sederhana tapi memberi makna terdalam di kehidupan Milea. Baginya, Dilan mampu menyuguhkan cinta yang tulus dengan caranya sendiri.

Novel ini menceritakan kisah asmara antara Milea dan Dilan dari sudut pandang Milea. Penulis menyajikan kisah ini dengan sangat menarik. Latar tempat di kota Bandung  tahun 1990 disajikan dengan cara menarik. Seakan-akan membuat nostalgia bagi pembaca untuk lebih mengenang Bandung di tahun 1990.

Meskipun kisah yang diceritakan adalah pada tahun silam. Tetapi juga sedikit memberikan ulasan di tahun-tahun berikutnya. Dan yang menarik, penulis seperti bercerita tentang dirinya sendiri. Seolah-olah dia adalah Milea, tokoh utama dalam novel.

Sudut pandang 'aku' dalam novel ini, membuat pembaca seakan-akan membaca kisah nyata penulis di masa silam. Penyajian yang khas anak remaja tempo dulu masih relevan dengan remaja zaman sekarang, dimana kisah cinta yang dialami tokoh dalam novel saat menginjak di bangku kelas dua SMA. Masa dimana gejolak muda dan ketertarikan terhadap lawan jenis terjadi di masa ini. Seragam putih abu-abu menjadi saksi kisah asmara antara dua insan manusia di masanya dan terkenang sampai masa dewasa.

Konten yang sederhana, dibuat dengan gaya bahasa remaja menjadikan hal yang unik dari novel ini. Membaca novel ini seakan-akan kita merasa 'kepo' akan kehidupan tokoh di masa silam. Tapi penulis menyajikannya dengan sangat 'apik', sehingga pembaca merasa harus segera menuntaskan bacaannya karena ada kejutan-kejutan menarik yang disuguhkan di setiap bagian bukunya.

Konten yang sederhana inilah juga membuat percakapan antar tokoh dalam film terkesan singkat. Dan beberapa percakapan singkat tapi dengan durasi yang lumayan membuat pembaca harus berkali-kali membaca untuk mengerti, siapa yang mengucapkan ini, dan siapa yang mengungkapkan percakapan selanjutnya.

Selain itu, sudah majunya teknologi di tahun 1990 membuat saya pun bertanya-tanya dan mungkin tokoh yang ada dalam novel ini termasuk tokoh yang berada karena sudah menggunakan telefon rumah sebagai sarana berkomunikasi, meski terkadang ada bagian cerita yang mengisahkan tokoh menggunakan telefon umum.

Meskipun begitu, kisah dalam novel ini sangat rekomen dibaca oleh para remaja yang sedang dilanda gelombang asmara.

Comments

  1. Kisah kasih di sekolah, yg kabarnya bakal masuk bioskop.

    ReplyDelete
  2. Ulasan in dan ekstrinsik sudah keren mba. Saran saya tambhkan beberapa cuplikan cerita atau quote2 bgs dr buku Dilan bakal lbh mnguatkan resensi

    ReplyDelete
  3. Ulasan in dan ekstrinsik sudah keren mba. Saran saya tambhkan beberapa cuplikan cerita atau quote2 bgs dr buku Dilan bakal lbh mnguatkan resensi

    ReplyDelete
  4. Yeayyy.... Dilan emang keren. Nostalgia baca reviewnya 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tantangan RCO aku baru namatin novel ini 😂

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni