Orangtua Cermat, Anak Sehat (Book Review)



Judul Buku : Orangtua Cermat Anak Sehat
Penulis: dr Arifianto, SpA
Penerbit: Gagas Media
Tahun Terbit: 2016, cetakan kedua
Tebal Buku: xvii + 224 hlm, 15 x 23 cm
ISBN: 979-780-612-X


Di saat anak sedang mengalami gangguan kesehatan, sebagai orang tua terutama orang tua baru pasti memiliki kegelisahan dan kepanikan  akan anaknya. Ingin anaknya segera pulih dan bisa beraktivitas seperti biasa. Ada juga yang orang tuanya tipe orang tua santai tapi karena mendengar orang lain berkata ini dan itu, apalagi disertai dengan pengalaman serupa tapi berbeda pun bisa menambah daftar kepanikan seorang orang tua yang dilanda kegalauan karena kesehatan anaknya.

dr Arifianto SpA, atau yang biasa dikenal dengan dr Apin melahirkan suatu buku, yang bisa dibilang kitab oleh orang tua zaman sekarang sebelum membawa anaknya ke dokter atau fasilitas kesehatan yang lainnya.

Meskipun seorang dokter, dr Apin membahas apa saja yang bisa dilakukan orang tua sebelum membawa anaknya ke dokter ataupun ke fasilitas kesehatan. Ya, karena tidak semua gangguan kesehatan anak harus memerlukan tenaga medis. Karena yang diperlukan anak saat sakit hanyalah kehadiran orang tua

So, apa saja yang bisa kita simak dari buku ini?
1. Seputar penanganan bayi baru lahir: tangan kebiruan, menangis tanpa henti, bayi kuning, gumoh, nafas berbunyi, dan lain-lain
2. Seputar menyusui: apakah sudah menyusui dengan benar? Apa yang dilakukan saat puting luka?
3. Imunisasi: jadwal imunisasi dari IDAI, imunisasi wajib, mitos dan fakta seputar imunisasi
4. Demam
5. Batuk pilek
6. Alergi
7. Sakit perut pada anak, sembelit, kembung
8. Flek paru atau tuberkulosis?
9. Diare dan muntas
10. Masalah telinga pada anak
11. Terlambat bicara atau autis
12. Susah makan pada anak
13. Sirkumsisi anak
14. Pertolongan pertama pada anak: cedera kepala, gigitan hewan, gigitan dan sengatan serangga, patah tulang, luka bakar, tersedak, luka tersayat, trauma mata, mimisan, baby walker
15. Situs informasi kesehatan yang sahih

Buku ini sangat lengkap seperti sebuah kitab yang wajib dimiliki oleh setiap orang tua. Dalam buku ini kita sebagai orang tua diberikan ilmu yang cukup dalam menjaga kesehatan anak, terlebih di aaat anak sakit dan memerlukan pertolongan tenaga medis.

Disajikan dengan lengkap. Tidak hanya hal-hal dasar tentang kesehatan anak. Tetapi juga seputar fakta dan mitos yang ada di masyarakat. Apa saja yang harus orang tua lakukan saat kesehatan anak terganggu? Bagaimana merawat anak yang sakit di rumah? Hingga apa saja obat yang diperlukan saat anak sakit. Semua tersaji lengkap dalam sebuah buku.

Bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh orang awam, bukan dari kalangan medis, bisa dijadikan salah satu buku rujukan orang tua dalam merawat kesehatan anak. Selain itu, tata letak halaman yang mudah dicari saat keadaan darurat membutuhkan informasi tentang kesehatan anak memudahkan orang tua yang tak sempat baca isi keseluruhan ataupun ingin merefresh apa yang diperlukan saat anak dalam keadaan sakit.

Karena bagaimana pun orang tua lah dokter terbaik untuk anaknya masing-masing

Meski tak semua gangguan kesehatan anak membutuhkan seorang dokter ataupun tenaga media yang lainnya. Sebagai orang tua kita pun perlu ilmu agar tak salah jalan. Apalagi dengan yang ada kaitannya dengan kesehatan anak.

So, saya merekomendasikan buku ini untuk wajib dimiliki oleh para orang tua.

#onedayonepost
#nonfiksi
#resensibuku

Comments

  1. Sepakat. Orang tua adalah dokter terbaik bagi anak-anaknya.

    ReplyDelete
  2. Semalam, tulisan ini saya jadikan referensi utk nulis tugas resensi buku saya...makasiih..

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen punya buku ini, terlebih bagi saya yg memiliki anak kecil yg suatu saat butuh pertolongan pertama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekomen banget ini mbak. Bisa jadi rujukan kita2 juga pas lagi sakit

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm