[Book Review] The Life-Changing Magic of Tidying Up



Judul             : The Life-Changing Magic of Tidying Up
Judul Asli     : Jinsei Ga Tokimeku Katazuke No Maho
Penulis         : Marie Kondo
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit      : PT Bentang Pustaka
Cetakan       : Cetakan Pertama, Agustus 
2016
ISBN              : 978-602-291-245-3

Memiliki rumah dengan kondisi tidak berantakan, rapi, dan sedap dipandang merupakan idaman setiap orang. Seringkali kita terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk merapikan barang yang semestinya tidak setiap hari kita harus merapikannya.

Mulailah dengan membuang. Kemudian rapikan ruangan anda secara menyeluruh, sekaligus, dan dalam satu waktu.

Buku ini berisi tentang pengalaman Marie
Kondo dalam menemukan metode konmari, metode beberes ala Jepang yang diadaptasi dari namanya sendiri. Dimulai dari kebiasaan Marie Kondo yang suka beberes hingga saat dewasa Marie Kondo menemukan metode unik yang berbeda dari yang lain.

Marie menjelaskan tips dan trik agar beberes menjadi hal yang menyenangkan.
Buku ini berisis tentang:
1. Kenapa kita tidak bisa menjaga kerapihan rumah?
2. Membuang sampai tuntas terlebih dahulu
3. Berbenah berdasarkan kategori ajaibnya bukan main
4. Mencerahkan hidup dengan menyimpan secara apik
5. Keajaiban berbenah mengubah hidup Anda secara dramatis

Detailnya Marie dalam mengulas tiap bab membuat kita paham apa manfaat bebenah dan hal apa yang seharusnya kita lakukan dan tidak kita lakukan saat bebenah. Marie menjelaskan poin per poin berdasarkan kenyataan yang ia temui di lapangan saat membersamai kliennya, sehingga kita dapat menemukan feel saat kita akan mempraktekkannya sendiri di rumah.

Meskipun buku ini merupakan buku terjemahan asal Jepang, tapi membaca buku ini sangatlah nyaman. Penerjemah menterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan sangat jelas dan nyaman dibaca. Tidak ada kata-kata yang kurang kita mengerti, semua pas di lidah orang Indonesia.

Pengalaman-pengalaman Marie dalam mendampingi kliennya dapat kita ambil kesimpulan, karena kalimat yang sarat makna dan paling penting dibuat bold. Sehingga kita gampang mengerti apa inti dari permasalahan klien Marie Kondo.

Meskipun dijelaskan secara detail, dalam buku ini tidak dijelaskan secara menyeluruh apa itu metode konmari, bagaimana menata atau melipat pakaian, buku, bahkan menata perkakas dengan rapi.

Meskipun begitu, over all buku ini rekomen bagi yang ingin tahu lebih lanjut apa itu metode konmari.

Tidak ada komentar