Membagi Jadwal

Setiap orang pasti memiliki kegiatan yang membuatnya berbinar-binar dan membuat dirinya menjadi lebih produktif. Meskipun harus menyisihkan waktu produktifnya, waktu untuk keluarga pun harus diutamakan.


Dari tugas materi ketiga di kelas Ruang Berkarya Ibu, saya membagi waktu harian saya menjadi tiga:
1. Waktu di ranah domestik
2. Waktu di ranah produktif
3. Waktu di ranah keluarga

Untuk jadwal, memang saya tak membuatnya secara rinci dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali. Tapi saya membuat menjadi kandang waktu. Secara prinsip, saya lebih memilih Result based Organization, dimana saya fokus pada hasil yang ingin dicapai, sehingga saya tidak terlalu terbebani dengan aktivitas rutinitas yang terkadang membuat saya menjadi tidak produktif.

Memang ada beberapa aktivitas insidental dalam kehidupan saya, seperti saat ada jam mengajar ataupun saat ada kegiatan di luar (seperti ke rumah orangtua ataupun kegiatan offline komunitas ibu profesional Jepara). Sehingga, saya menetapkan jadwal berdasarkan kandang waktu saya.

1. Ranah Keluarga

Jadwal untuk keluarga saya fokuskan pada hari libur. Dimana saat hari libur, saya agak selo dengan kegiatan online dan sebagian aktivitas offline. Sehingga, saat libur merupakan saat paling tepat bagi saya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Selain saat libur, setiap sore ataupun malam hari pun kami menikmati kebersamaan bersama keluarga. Entah menonton televisi bersama ataupun pergi keluar membeli makanan.

2. Ranah Produktif

Untuk aktivitas produktif, biasanya saya ambil saat anak sedang tidur siang ataupun saat malam hari, ketika anak dan suami sudah tidur. Saat inilah saya bisa menuangkan gagasan saya dalam sebuah tulisan, baik yang saya posting di blog ataupun di media sosial.

Untuk waktu, seperti saat harus mengajar. Maka saya harus membereskan kegiatan saya sebelum saya pergi mengajar. Untuk waktu di PAUD pun saya berusaha semaksimal mungkin sekitar jam 07.30 - 10.00. Sebisa mungkin saya selesaikan tugas yang ada di PAUD secepat mungkin, karena terkadang bersentuhan dengan masyarakat, maka saya pun mensiasatinya dengan menyekesaikan tugas domestik terlebih dahulu.

3. Ranah Domestik

Pekerjaan ibu memang tidak akan ada habisnya. Maka saya menetapkab waktu domestik saya adalah saat di pagi hari. Dari selesai beribadah hingga sekitar pukul 06.30. Sehingga saat pekerjaan domestik sudah selesai, naka saya bisa melanjutkan aktivitas-aktivitas lainnya.

#RuangBerkaryaIbu
#ProyekDua
#TugasMateriTiga
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

3 komentar

  1. makasih sharingnya mb Kiky...
    masih perlu manajemen waktu,

    BalasHapus
  2. Manajemen waktuku juga masih buruk ini mbak 😭😭

    BalasHapus
  3. Wah... memang perlu sekali mengatur waktu sedemikian rupa ya, Mbak...

    BalasHapus