Mengenal Binatang di Gembira Loka Zoo

Mengenal dan melihat lebih dekat binatang yang ada merupakan salah satu kegiatan edukatif bagi anak-anak. Selain anak bisa mengucap nama binatang, anak juga mengetahui bentuk, rupa, dan suara binatang. Salah satu kebun binatang yang terjangkau dan ramah di kantong adalah kebun binatang Gembira Loka.

Kebun binatang Gembira Loka terletak di kota Yogyakarta. Tepatnya terletak di Kotagede. Hanya dengan membayar uang Rp 30.000,00 kita bisa menikmati dan belajar macam-macam binatang yang ada di sini. Dan untuk anak di bawah 3 tahun, biaya memasuki Gembira Loka ini gratis.



Fasilitas yang ditawarkan di kebun binatang ini pun lumayan lengkap. Ada mushola, toilet, dan ada food court yang lumayan terjangkau. Selain itu, ada kereta wisata yang akan mengantar kita keliling kebun binatang. Suasana di kebun binatang ini pun sangat asri dan disesuaikan dengan habitat masing-masing binatang.

Di sini kita bisa memasuki kebun binatang melalui 2 pintu, yang masing-masing pintu kita akan diberi stempel lewat pintu mana kita masuk, agar kita tidak tersesat saat akan meninggalkan kebun binatang dan mencari tempat parkir.

Menuju pintu masuk ke dalam kebun binatang, kita akan disuguhkan atraksi bermacam-macam binatang. Selain atraksi, sang pawang binatang akan menjelaskan binatang yang tengah melakukan atraksi selengkap-lengkapnya.



Di kebun binatang ini, binatang pun diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Ikan, reptil, burung, dan satwa lain yang ditempatkan di masing-masing kandangnya. Selain itu, di kandang tiap satwa, kita akan mendapat informasi tentang satwa tersebut.



Pertama kita akan memasuki kawasan ikan. Ada bermacam-macam ikan yang akan kita lihat di sini. Ada yang diletakkan di akuarium, atau yang bisa kita pegang langsung. Dan di sini tidak hanya kita bisa melihat ikan, tapi kita juga bisa menangkao ikan dengan langsung terjun di kolam tangkap dengan hanya membayar uang Rp 10.000,00. Untuk yang ingin merasakan sensasi spa ikan, cukup dengan membayar uang Rp 15.000,00.



Arena kedua kita akan melihat dunia reptil. Ada banyak reptil yang bisa kita lihat dari kandang kaca ataupun dari kandang besar. Dan ada kura-kura besar yang bisa kita ajak selfie bersama.



Di dalam dunia burung, kita akan disuguhkan tempat yang menyerupai habitat burung. Kita bisa masuk ke kandang burung yang terdiri dari banyak spesies burung, memberi makan, dan menyentuhnya. Jangan lupa setelah memegang burung kita cuci tangan dahulu.



Saat mengunjungi Gembira Loka ini kebetulan sedang ada perbaikan. Sehingga wahana untuk menaikki unta pun tidak tersedia.

Secara keseluruhan, kebun binatang ini sangat rekomen bagi orangtua yang ingin mengajak anaknya berwisata edukatif. Hanya saja tidak semua binatang yang anak sering ketahui, seperti jerapah, singa, ataupun zebra tersedia di tempat ini.

8 komentar

  1. Wuah... saya pernah ke kebun binatang, tapi kayaknya Gembira Loka Zoo ini lebih edukatif lagi deh.
    Terimakasih mbak ^_^

    BalasHapus
  2. Saya paling suka suejuuknya, merasa dapat udara murni.

    BalasHapus
  3. Terakhir ke gembira loka waktu TK..
    Udah lama ngagendain mau kesana sama keluarga besar.. tp blm kesampaian..

    BalasHapus
  4. saya pernah kesana 20 taun lalu, hehehe...

    BalasHapus
  5. Belum pernah ke sini 😅

    Noted lah masuk list kalau jalan2 ke Jogja 😁

    BalasHapus
  6. Ajakin kesana dong mba 😂😂

    BalasHapus
  7. Bawa nabhan ke gembira loka bikin mandi keringet, naik Taring nya terakhir muter doang, gembira loka memang bikin gembira 😍

    BalasHapus