Mengenali Potensi Diri

Sesuai hastag Ruang Berkarya Ibu Jilid 2 ini, Kenali Potensimu Ciptakan Ruang Berkaryamu. Saya mencoba untuk lebih mengenali potensi yang ada dalam diri saya saat ini. Meskipun passion saya saat ini adalah menulis, memungkinkan pula saya memiliki potensi lain selain menulis. Hehe

Pertama, saya berada dalam kelas matrikulasi Institut Ibu Profesional batch 3, setahun yang lalu. Saya berkenalan dengan sebuah tools assesment tentang pemetaan bakat yang bernama ST30. Dimana dalam assesment tersebut kita harus menjawab pertanyaan yang paling sesuai dengan diri kita. Dan setelah saya bandingkan dengan hasil yang sekarang memang beda. Hanya saja tetap ada potensi yang benar-benar dari dahulu tidak berubah, yaitu communicator, creator, dan journalist.

Berikut saya tampilkan hasil ST30 saya yang terbaru.



Arranger

Berdasarkan deskripsi di lembar ST30

Arranger : mengatur orang untuk bekerjasama dalam melaksanakan suatu tugas.

Awal mula tipologi arranger saya berada di warna putih. Setelah saya mulai memberanikan diri mengambil peran di komunitas ibu profesional Jepara. Kolom arranger saya berubah menjadi merah. Dan sesuai dengan kemampuan saya yang membuat saya berbinar-binar adalah saat saya mengatur jadwal Sabun Wangi (Sapa Bunda, Wajah Minggu Ini) yang menjadi program favorit di WaG IP Jepara. Dimana saya jadi lebih kenal sesama member IP Jepara. Dan yang terbaru adalah saat saya mengajak member ibu profesional dari daerah lain untuk menjadi narasumber di Kuliah Whatsapp. Dan seperti diberikan kemudahan, saya selalu berbinar-binar saat mengajak kerjasama orang lain.


Communicator

Communicator: menyampaikan informasi secara lisan dengan cara yang mudah dimengerti.

Dengan peran saya sebagai dosen di sebuah stikes, saya menyadari bahwa potensi ini harus saya miliki. Entah saya sudah berhasil atau belum, karena di sana, saya hanya sebagai dosen tidak tetap. Meski angka bertanya saat sesi pertama saya mengajar tidak terlalu banyak, mungkin bisa dikategorikan ucapan saya bisa dimengerti oleh para mahasiswa. Meski saya tidak mengevalusi secara pribadi, saya hanya menanyakan kata kunci yang telah saya berikan, dan Alhamdulillah mahasiswanya dapat menjawab.

Creator

Creator : menggunakan suatu imajinasi untuk menemukan suatu rancangan, produk, atau layanan terbaru.

Saat menjadi mahasiswa saya memang suka dan selalu berbinar-binar saat ada program inovasi untuk mahasiswa. Saat itu, memang saat ada pengajuan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) saya ikut andil mengikutinya. Meski hanya sampai tahap pendanaan, tapi saya bersyukur atas pencapaian saya.

Educator

Educator : mengajar, menyampaikan, melatih ilmu dan atau ketrampilan agar bisa dipahami oleh orang lain.

Ini sama seperti peran saya di ranah publik, yaitu sebagai dosen, yang harus mendidik para mahasiswa agar memiliki ilmu pengetahuan dan pastinya memiliki adab dan akhlak yang baik.

Journalist

Journalist: menulis artikel, ide, dokumen, cerita, atau alat bantu pendidikan.

Entah, dari semua kekuatan yang saya miliki berdasarkan hasil ST30, ini yang paling 'gue banget'. Meski belum sampai ke earn. Tapi setidaknya setelah melewati KM 0, saya jadi mempunyai mental untuk melewati tahap earn. Sekarang masih proses dalam pembuatan beberapa antologi yang semoga tahun ini bisa terbit.

Selector

Selector : memilih dan merekrut seseorang menjadi pekerja atau anggota

Potensi ini belum jalani secara langsung, tapi saya yakin saya mempunyai potensi ini.

Mengenali bakat diri sendiri pun tidak lepas dari mengobservasi diri sendiri.

Kedua, saya mencoba mengobservasi 34 tema bakat yang ada di pandu 45.



Dari ke-34 tema bakat, saya mencoba
Mengobservasi bahasa bakat saya:
1. Activator
Seseorang yang tak sabar menunggu, ingin segera bertindak, dan melompat dulu sebelum melihat.
2. Analitycal
Seseorang yang hanya percaya dan suka apabila ada data dan angka yang diberikan.
3. Input
Seseorang yang suka mengumpulkan berbagai informasi atau koleksi barang.
4. Focus
Seseorang yang memerlukan sasaran sebelum bekerja dan tidak mau diganggu selama itu.
5. Connectedness
Seseorang yang yakin segala sesuatu ada sebabnya, karena adanya saling berkaitan.
6. Harmony
Seseorang yang tidak menyukai konflik dan tidak suka berkonfrontasi.
7. Ideation
Seseorang yang selalu memiliki ide baru

Dari ke-7 bahasa bakat saya, maka yang paling dominan adalah ranah thinking, dimana saya termasuk tipe orang yang senang berpikir.

#RuangBerkaryaIbu
#Proyek2
#TugasMateriSatu
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu

Tidak ada komentar