Menjadi Manager Keluarga Handal

Memasuki pekan ke-enam, saya suprised dengan peserta matrikulasi ibu profesional batch #5 kelas SJS (Semarang, Jogja, Salatiga). Mulai bersemangat lagi mengerjakan NHW dan dihari ini meski beberapa ada yang telat setor linknya sudah hampir full warna di form rekapitulasi NHW.

Entah mengapa, materi ini mungkin bisa menjawab kegalauan peserta matrikulasi yang bimbang antara perannya sebagai ibu rumah tangga ataupun ibu pekerja. Dan di materi ini mungkin merasa 'jleb' dan 'aku banget'.

Ibu Bekerja

Sejatinya, seorang ibu semuanya adalah bekerja. Yang membedakan, yang satu bekerja di ranah domestik atau yang sering kita konotasikan dengan ibu rumah tangga. Dan satunya lagi memilih bekerja di ranah publik atau yang lebih sering dikenal dengan working mom.

Bersungguh-sungguh dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga, sebelum melakukan aktivitas di dunia luar

Menjalankan setiap peran dan mengorganisasikannya dalam lingkup terendah, rumah tangga. Hingga nantinya kita akan menjadi semakin cekatan dalam mengelola rumah tangga.

Kita managernya, dan pasangan kita sebagai leadernya. Sebagai manager yang hanya kita seorang yang memegang jabatan tersebut, haruslah kita membagi waktu yang kita punya. Dengan harapan kita bisa membagi peran kita.

Membagi Aktivitas dalam 4 Kuadran

Seringkali waktu kita habis hanya untuk aktivitas yang tidak penting dan tidak mendesak. Stalking, berseluncur di media sosial hanya membuang-buang waktu kita tanpa kita melihat aktivitas lain yang butuh perhatian kita secara khusus.



Time Based Organization vs Result Based Organization

Memilih bagaimana cara kita mengatur dan membagi waktu sangatlah penting bagi kita. Jangan sampai hanya membuang-buang waktu saja. Atur waktunya, sesuaikan dengan diri sendiri.

Jika menginginkan hidup kita teratur dan melatih kedisiplinan kita, pilihlah time based organization. Dimana jadwal keseharian kita dijadikan patokan kita dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Jika menginginkan kewarasan diri, bisa memilih result based organization. Dimana kita berorientasi pada proses.

Sumber:
Materi dan Review NHW 6 MIIP batch #5
Diskusi sesi 6 MIIP#5 SJS

Comments

  1. 😍 bermanfaat bgt mbak utk ibu2 yg msh galau macam saya 😥

    ReplyDelete
  2. Terpelatuk sama kuadran iv, ya ampun~ :"D

    Nice artikel kak~ ><

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat banget mbak tulisannya, aplikatif sekalii. Makasih mbaa😍

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni