Menyusuri Pantai di Kawasan Undip Teluk Awur

Universitas Diponegoro yang biasa kita kenal memang berada di wilayah kota Semarang, tapi sebagian kampus, terutama kampus Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) berada di daerah Jepara.

Teluk Awur, sebuah desa di kabupaten Jepara, tepatnya di kecamatan Tahunan merupakan sebuah desa di pesisir selatan kota Jepara. Di desa inilah sebagian kampus FPIK Undip terletak.


Sebagian kampus Undip ini memang langsung berbatasan dengan Laut Jawa. Dan di sebuah gerbang Undip, kita dapat mengakses pantai sekaligus tempat masyarakat desa menghabiskan waktunya untuk mencari ikan di laut.

Akses menuju pantai ini pun terbilang cukup mudah, jalan yang cukup bagus dan suasana yang rindang meski dekat dengan pantai. Hanya dengan menempuh jarak kurang dari 15 menit kita akan sampai di pantai Undip Teluk Awur ini.


Meski terbilang sepi pengunjung, lokasi pantai ini cukup rindang karena banyaknya pepohonan di sekitar pantai. Tak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk dan parkir, berwisata ke pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin rekreasi dengan dana minim.

Meski tak ada wahana permainan, kita bisa duduk santai di sekitar pantai. Dan saat perut kosong jangan khawatir karena banyak warung yang buka di sepanjang pantai.

Untuk menikmati laut sambil berendam di air laut mungkin kita harus hati-hati karena banyak karang yang berada di pantai. Meski begitu, di pantai ini kita bisa mengenalkan anak pada profesi nelayan. Karena banyak nelayan yang mencari ikan, baik dengan menggunakan perahu ataupun langsung terjun ke laut dengan memakai kail (beranjang).

Di musim penghujan seperti ini, menurut saya pantai ini cukup bersih dari sampah ataupun kayu-kayu di sepanjang pantai dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya.


Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband