Fitrah Seksualitas Anak

Berada di level 11 ini, tantangan menjadi semakin memuncak. Ibarat pohon, semakin tinggi terpaan angin akan semakin kuat. Di level 11 ini, materi semakin menantang kami dalam mendidik anak-anak kami mengenai fitrah seksualitas.

Berbeda dengan tantangan sebelumnya, meski di tantangan kali ini tetap saja harus menyelesaikan 10 hari tantangan. Tapi ada satu tantangan menariknya, yaitu adanya presentasi kelompok. Selain bikin tambah pengetahuan dan pengalaman dari temen-temen yang rasanya sudah seperti SIRUP, berwarna-warni dan manis rasanya. Adanya tantangan ini mungkin juga ada clue setelah kelas bunsay ini. 😁



Langsung saja....

Di awal Ramadhan ini, presentasi dari kelompok 5 sangat seru. Kali ini tentang fitrah seksualitas anak. 

Jika Fase Fitrah Anak Terlewati

Dari tahapan yang sudah dijelaskan oleh ust Harry Santosa sudah sangat jelas. Jika salah satu fase hilang ataupun terlewati, maka tentunya akan menjadi tak lengkap. Layaknya kehidupan sebuah tanaman yang harus melewati semua proses tanaman itu tumbuh. Mulai dari biji ditanam, disemai, tumbuh tunas, dan bertumbuh menjadi sebuah pohon.

Jika ada tahapan yang tidak sesuai, maka akan timbul bias gender dalam kehidupan anak. Jika sudah terlanjur, bisa meminta bantuan psikiater atau tokoh agama. Akan tetapi, peran orangtua di sini sangat penting sekali untuk menyemangati dan memberikan kekuatan anak terhadap gender yang sudah ada padanya.

Khitan dan Haid

Khitan merupakan salah satu sunnah Rasul yang sangat dianjurkan bagi kaum laki-laki. Selain untuk menjaga kesehatan organ reproduksi, dengan khitan maka saat seorang laki-laki beribadah kulup penisnya sudah bisa bersih dari najis.

Bukan tak berarti, khitan anak harus ada paksaan dari orangtua. Khitan pada anak justru karena anak sudah menginginkannya dan disertai alasan yang syar'i.

Begitu pula dengan haid, saat anak menanyakan haid mengapa terjadi. Kita pub harus menjelaskan kepada anak dengan jelas. Sama saat kita menjelaskan apa itu penis. Bukan bernama tit**t, bur**ng, ataupun nama kiasan lainnya.


Fitrah yang Tercederai

Fitrah seseorang tercederai jika seseorang mengalami apa yang dinamakan dengan fitrah yang berkebalikan. Dimana seorang laki-laki yang harusnya seperti dan berperilaku layaknya laki-laki, tetapi bertolak belakang dengan fitrah yang sudah melekat pada dirinya.

#day1
#fitrahseksualitas
#tantangan10hari
#level11
#kuliahbunsayiip

Tulisan ini sekaligus menjadi Ramadhan Writing Challenge ODOP 2018 dengan tema pertama di hari ini adalah SIRUP. Sudah ketemu kan kata sirup 😁

#RWCODOP2018
#onedayonepost

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband