Fitrah Seksualitas Masa Pubertas



Masihkah terbayang masa muda kita saat masih remaja?  Saat merasakan virus merah jambu, pertama kali mengalami menstruasi, atau yang dulunya pernah mendapatkan surat cinta? Hehe

Banyak yang mengatakan bahwa di masa ini hidup seseorang menjadi warna-warni. Benarkah? Lalu, apa yang sebenarnya terjadi pada masa remaja?

Pada masa pubertas alias remaja inilah mulai bekerja kelenjar yang dinamakan kelenjar pituitari. Kelenjar ini hanya berukuran sebesar kacang dan terletak di dasar otak, tepatnya di belakang hidung dan di bawah syaraf optic (syaraf menuju mata). 

Hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pituitari ini membantu untuk mengatur dan mengendalikan hormon-hormon lain dari kelenjar endokrin yang berfungsi sebagai pertumbuhan, metabolisme, dan pematamgan tubuh.

Tanda-Tanda Pubertas

Di saat anak menginjak masa pubertas inilah mendorong organ-organ anak menjadi lebih aktif. Organ pertama anak yang aktif adalah organ reproduksi, dimana seorang anak perempuan dikatakan sudah puber ketika mengalami menstruasi yang pertama kali dan anak laki-laki mengalami mimpi basah.

Apa yang harus kita lakukan saat anak mengalami menstruasi/mimpi basah?

Jika anak mengalami tanda masa pubertas untuk yang pertama kali, kita sebagai orangtua tak boleh khawatir. Masa ini dimulai saat anak berada pada masa pre aqil baligh, yaitu ketika anak laki-laki berusia antara 10-16 tahun dan anak perempuan berusia 8-15 tahun.

Untuk menjaga kenyamanan anak sendiri, dekatkan anak laki-laki kepada ayahnya dan anak perempuan kepada ibunya. Selain orangtua sendiri yang sudah pernah mengalami menceritakan pengalaman, hal ini juga akan membangun kedekatan antara orangtua dan anak.

Bagaimana kiat mengajarkan pendidikan seksualitas pada anak?

1. Menjelaskan fungsi badan dengan apa adanya, bukan dengan simbol. Jadi untuk penamaan organ reproduksi bukan dengan nama yang lazim digunakan masyarakat.
2. Menjelaskan pembuahan dan konsekuensinya. Sehingga anak paham akan akibat pergaulan bebas
3. Mendampingi anak mencari tahu tentang internet
4. Menjelaskan dengan mimik yang wajar dan sederhana sesuai pemikiran anak
5. Pendidikan seksual dilakukan secara repetitif
6. Perhatian setiap ada perubahan pada diri anak

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Cushion Murah di Bawah 100 Ribu, Esenses Skin Perfecting Cushion