Membentuk Kebiasaan Baik pada Anak

Siapa yang tak menginginkan memiliki anak dengan keimanan yang lurus, ibadah yang baik, dan akhlak mulia?



Sebelum mendidik anak, tentunya kita harus mendidik diri kita dahulu. Dan sekarang sedang banyak-banyak sekolah pra nikah (para jomblo wajib ikut ini nih).

Persiapan mendidik anak dimulai sejak seseorang hendak memilih pasangan. Kalau dalam agama islam, harus sekufu. Dimana saat memilih pasangan, kita kudu tahu dulu visi-misi pasangan dalam berumah tangga. Jadi, saat menikah kelak tinggal menyelaraskan visi-misinya.

Setelah menikah, impian pasangan yang berumah tangga adalah memiliki keturunan. Anak merupakan amanah terbesar dariNya. Dan kita harus menjaga amanah tersebut sebaik-baiknya.

Membentuk Kebiasaan Baik pada Anak

Kebiasaan baik pada anak bisa dibentuk sejak dalam kandungan. Ibu bisa mendekatkan diri pada anak dengan melantunkan ayat suci, bercerita, ataupun mengobrol dengan anak. Dengan begitu, kelekatan antara anak dan ibu sudah tercipta, yang akan mempermudah step selanjutnya.

1. Menyusui Anak
Menyusui anak hingga berumur 2 tahun bukan hanya perintah dari Allah. Menyusui anak secara langsung terbukti banyak sekali manfaatnya. Salah satunya adalah menanamkan fitrah keimanan dan fitrah seksualitas anak sejak dini.

Melalui menyusui, fitrah keimanan akan timbul dan fitrah seksualitas akan memacu kenikmatan anak akan hak seksualitasnya.

2. Menanamkan Adab pada Anak
Menanamkan adab pada anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikan anak pemahaman yang baik tentang adab sehingga menjadi kebiasaan di kehidupannya sehari-hari.

Bisa dengan mendongeng kisah para nabi, membacakan buku-buku adab sehari-hari, hingga membantu berdoa setiap akan dan selesai beraktivitas.

3. Teladan
Bahwa orangtua yang harusnya memberikan teladan baik kepada anak. Di masa golden age, anak menyerap semua informasi melalui semua panca indera. Terutama melalui indera penglihatan dan indera pendengaran. Jadi, orang tua harus berperilaku dan berbicara baik dimanapun.


Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni