Perahu Kertas: Novel dan Film

Perahu kertas, sebuah novel best seller dari seorang penulis kondang bernama Dewi Lestari atau lebih akrab dengan nama pena Dee. Karya yang dahulunya lebih dahulu diterbitkan dalam bentuk digital (wap) tahun 2008. Kini terbit menjadi sebuah novel yang diterbitkan atas kerjasama Truedee Books dan Bentang Pustaka.



Bercerita tentang persahabatan sekaligus kisah asmara antara dua insan manusia yang berakhir pada pertemuan dua hati yang saling dipilih. Konflik batin antar tokoh membuat cerita ini mengalir dan dengan ending yang tak mudah ditebak.

Menjadi salah satu novel best seller, di tahun 2012 dirilislah film Perahu Kertas yang diadaptasi dari judul novel yang sama. 

Menariknya dan berbeda dari novel yang kemudian diangkat menjadi sebuah novel adalah film Perahu Kertas dibuat dua chapter, Perahu Kertas dan Perahu Kertas 2. Sebagai penikmat novel, tentunya pembaca sangat menyayangkan jika ada satu bagian yang terskip dalam film. Mungkin itu sebabnya film ini dibuat menjadi dua chapter.

Selain dibuat dua film, poster film pun dibuat semirip mungkin dengan cover novel. Hanya beda di filmnya memakai pemeran film, sedangkan di novel memakai gambar ilustrasi.


Baik novel maupun filmnya mempunyai hubungan yang tidak terpisahkan. Misalnya nih, saat kita membayangkan adegan radar neptunus, pasti bingung deh kayak gimana. Ternyata setelah difilmkan, kita jadi tahu seperti apa radar neptunus itu.

Tokoh yang diperankan oleh Maudy Ayunda (Kugy), Adipati Dolken (Keenan), Rezza Rahardian (Remi), dan Elyzia Mulachela (Luhde) sesuai dengan karakter tokoh dalam novel. Meski menurutku, nama tokohnya unik, seunik ceritanya.

Dan sangat disayangkan kalau tidak baca atau menonton filmnya. Hehe. Menurut saya nih, bagi kalian yang lagi galau nentuin pilihan, terutama yang galau menentukan passion, kalian akan menemukan rahasia menemukan kegiatan mana yang akan kalian pilih sehingga membuat mata selalu berbinar-binar.

Bukan hati yang memilih, tapi hati yang dipilih.

Sebuah quote di bagian akhir kisah ini akan membuat kita menjadi semakin yakin akan apa yang sudah ditakdirkan kepada kita. Karena, sesuatu yang kita anggap baik, belum tentu baik di mata Allah. Selalu berhusnudzon kepadanya dan syukuri apa yang telah Dia berikan kepada kita.

#TugasRCO3
#Tugas2Level3
#OneDayOnePost

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. sya pernah nonton filmnya, tapi nggk terlalu suka mbak :D karena waktu itu masih smp atau SD gitu saya....belum suka film ginian....masih suka kartun

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm