Menyusui dan Menyapih



Menyusui dan menyapih merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa menyusui hanya bermanfaat bagi kesehatan psikis dan fisik anak dan ibu, menyusui pun bisa bermanfaat pada pendidikan ibu kepada anak sejak dini.

1. Menyusui Mengajarkan Anak tentang Jerih Payah

Dengan menyusui, anak akan diajarkan tentang bagaimana bekerja keras untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Sehingga saat dewasa kelak, anak mengerti dan paham bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan harus ada jerih payah yang dikeluarkan. 

Menyusui akan membuat anak menjadi kebal dengan gemerlapnya dunia. Secara tidak langsung akan ada antibodi dalam diri anak yang akan terpatri dan melekat sampai anak tumbuh dewasa.

2. Menyusui Mengajarkan Anak pada Pendidikan Seksualitas

Dengan menyusui anak akan belajar tentang kenikmatan saat menghisap ASI.  Di sinilah fitrah seksualitas anak mulai terbentuk.

Selain anak bisa mengecap kenikmatan untuk pertama kalinya. Secara tak langsung, anak juga belajar tentang rasa malu. Ini juga harus melibatkan ibu sebagai pemain utamanya. Ibu harus mengajarkan bagaimana menutup aurat dengan sempurna saat menyusui. Sehingga hanya ibu dan anak yang berinteraksi.

Baca juga: Batasan Aurat Anak

3. Menyusui Mengajarkan Anak pada Adab

Menyusui akan mengajarkan anak tentang adab. Bagaimana cara berpakaian dan terutama bagaimana cara menutup aurat yang seharusnya. Sehingga di usia dewasanya anak sudah memiliki imunitas yang kuat untuk tetap menutup aurat dengan sempurna.

4. Menyusui dan Menyapih Mengajarkan Anak kepada Tauhid

Mengajarkan tauhid adalah hal yang paling utama dalam hidup anak. Melalui menyusui dan menyapih inilah pendidikan tauhid anak yang pertama diterimanya. Sehingga apapun yang akan terjadi pada anak, anak sudah memiliki pondasi yang kuat untuk melangkah.

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm