Mencatat Keuangan Rumah Tangga, Perlu Gak?


Ada kalanya saat pemasukan masuk ke kantong, tak lama kemudian uang langsung amblas. Telusur ditelusuri ternyata sebagian besar keuangan tidak dicatat, dan kita bingung uang yang keluar untuk apa saja.

Keuangan Harus Dicatat

Mencatat keuangan sebenarnya bukanlah hal yang berat. Hanya dibutuhkan konsistensi, agar kita tahu uang yang kita miliki habis untuk keperluan apa saja.

Lebih baik lagi, jika sebelum membelanjakan uang sudah kita beri pos sendiri uang yang dimiliki. 

Manfaat Mencatat Keuangan

Mencatat keuangan bukanlah hal yang sia-sia. Dengan adanya catatan keuangan, maka kita akan mengetahui kebutuhan kita dan bisa mengendalikan pengeluaran kita. Terlebih jika akhir tahun, saat hampir seluruh toko menawarkan diskon yang menggiurkan.

1. Menghindari Besar Pasak Daripada Tiang

Dengan mencatat keuangan, maka kita akan tahu besar pengeluaran kita setiap hari. Dan dengan ada catatan keuangan akan mengingatkan kita jumlah uang yang sudah dipakai.

2. Mengetahui Rata-Rata Pengeluaran Tiap Bulan

Adanya catatan keuangan akan menjadi catatan kita tersendiri dalam hal penggunaan uang.  Dengan adanya catatan keuangan akan mempermudah kita dalam mengetahui jumlah uang yang terpakai setiap bulannya.

3. Perencanaan Keuangan di Bulan Selanjutnya

Saat bulan-bulan tertentu akan membutuhkan banyak dana cadangan. Misalnya saat musim kondangan atau saat anak masuk sekolah. Dengan catatan keuangan akan mempermudah kita dalam membuat rencana pengeluaran, terutama di saat memerlukan dana lebih.

Cara Mencatat Keuangan

Dulu, saya sering mencatat keuangan dengan media buku tulis. Karena tak begitu konsisten dan terkadang lupa mencatat, catatan keuangan yang ada di buku tulis pun menjadi tak rapi.

Namun, sekarang dengan banyaknya aplikasi yang bisa diunduh di playstore, kita dapat mencatat keuangan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan.

Dengan aplikasi Catatan Keuangan ini, maka kita dapat mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran dimana pun dan kapanpun.  Selain ringkas, aplikasi ini sangat ramah di memori smartphone. Hanya dengan 2MB saja kita bisa mengunduh aplikasi ini.



Ada beberapa fitur yang bisa digunakan pada aplikasi ini. Ada fitur menambah penghasilan/pengeluaran di tiap harinya. Selain itu, pada aplikasi ini dilengkapi juga dengan total keuangan selama yang kita inginkan (bisa disetting dulu). Dengan aplikasi ini, kita jadi tahu rata-rata pengeluaran yang bisa kita optimalkan dilihat dari penghasilan yang didapat dan rata-rata pengeluaran setiap hari.

Bagi yang tak suka ribet dengan catatan keuangan, aplikasi ini cocok untuk melengkapi catatan keuangan rumah tangga kamu. Ya, kamu...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni