Menjaga Kebugaran Tubuh



Kebugaran tubuh seseorang dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kebugaran yang menurun inilah yang akan meningkatkan risiko seseorang terkena berbagai macam penyakit, terutama penyakit-penyakit degeneratif. Selain itu, ketika kebugaran tubuh menurun, maka daya imunitas tubuh juga menurun, sehingga penyakit infeksi mudah menyerang tubuh. Kondisi yang demikian inilah yang akan menurunkan produktivitas seseorang.

Kita pastinya lebih senang hidup sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, sehingga hidup lebih bermakna dan lebih dapat bermanfaat bagi orang lain.

Memiliki tubuh yang bugar, bukan berarti hanya tubuh saja yang sehat, kondisi jiwa dan mental juga harus sehat. Sehingga sehat paripurna dapat menjadi milik kita seutuhnya.

Lalu, bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh agar tetap dalam kondisi prima?

1.  Melakukan Aktivitas Fisik yang Cukup

Dengan melakukan aktivitas fisik yang cukup akan meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot dalam tubuh kita. Saat otot semakin terlatih dan organ tubuh bekerja secara optimal, maka aliran darah yang mengalir akan semakin lancar ke seluruh tubuh dan otak. Dengan demikian tubuh menjadi lebih segar dan otak terasa lebih segar. 

Tidak melakukan aktivitas fisik apapun, akan meningkatkan risiko obesitas dalam tubuh. Sehingga penyakit degeneratif, terutama penyakit kardiovaskuler mudah menyerang tubuh.

Baca juga: Aktivitas Fisik

2. Rajin Berolahraga

Dengan berolahraga, maka kalori yang dikeluarkan tubuh bisa optimal, sehingga tubuh dapat terhindar dari risiko obesitas dan aliran darah menjadi lancar karena adanya gerak tubuh yang optimal.

Berbagai macam olahraga bisa dicoba. Bahkan jika kita tak memiliki akses ataupun ongkos berolahraga. Berlari ataupun senam di rumah bisa kebiasaan berolahraga di rumah. 

Berolahraga bukan hanya sebagai tren belaka. Karena manfaat yang bisa dirasakan sangat besar. Meskipun kita memiliki aktivitas segudang, berolahraga sedikitnya 3 kali dalam seminggu bisa menyegarkan badan kita.

3. Hindari Stres

Stres menjadi salah satu pemicu tubuh untuk malas melakukan gerak dan juga dapat menurunkan kekebalan tubuh secara tidak langsung.

Manajemen stres harus dapat dikelola dengan baik, sehingga tidak akan mempengaruhi gaya hidup dan tetap menjadi manusia yang produktif.

4. Puasa

Selengkapnya baca Puasa dan Kebugaran Jasmani


Mens sana in corpore sano
Di dalam tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm