Ketika Belanja Online Menjadi Pilihan

Sumber Gambar: halallifestyle.id


Berbelanja merupakan sebuah cara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Karena tak akan mungkin kita memproduksi semua kebutuhan untuk diri sendiri. Setidaknya dengan berbelanja juga membantu perekonomian seseorang yang mencari nafkah dengan cara berdagang.

Seiring perkembang teknologi, dunia berdagang pun berbagai macam. Yang mulanya memakai sistem barter, kemudian ditemukan uang sebagai alat pembayaran. Dari yang semula berdagang harus melalui tatap muka, kini dengan teknologi berbelanja jarak jauh tetap nyaman dilakukan.

Berbelanja online menjadi salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Berbagai macam metode berjualan online mulai merebak, mulai dari sistem PO hingga pada barang ready. Penjualannya pun tak hanya melalui website, penggunaan media sosial dan market place bukan barang yang langka. Beberapa penjual memanfaatkan teknologi tersebut untuk memperbesar omset jualan mereka.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Memilih berbelanja online menjadi alternatif untuk menghemat waktu. Aktivitas yang padat dan sempit bukan menjadi halangan untuk bisa berbelanja. Terlebih sekarang brand ternama sudah membuka tokonya di dunia online.

Bagi yang memiliki balita, berbelanja online juga menjadi alternatif untuk menghemat tenaga. Selain energi habis terkuras dalam kegiatan sehari-hari, jika mengajak anak ke pusat perbelanjaan harus menyimpan tenaga ekstra ketika anak tak mampu diam.

Bisa Dilakukan Dimana Saja

Berbelanja online bisa dilakukan dimana saja. Bahkan untuk pembayarannya pun bisa dilakukan melalui sms banking ataupun internet banking. Tak perlu harus mengantri di teller atau pergi ke ATM.

Selain itu, berbelanja online juga banyak mendapatkan promo menarik ataupun harga khusus seperti di mall. Dan menariknya, kita bisa membandingkan harga produk dari toko satu ke toko yang lain.

Rawan Penipuan

Berbelanja online menjadi bermasalah ketika barang yang sudah dibayar ternyata tak sampai di tangan kita. Terlebih jika ternyata barangnya tidak dikirim oleh penjual. Penipuan kan namanya?

Selain itu,  permasalahan barang pecah atau rusak di jalan juga menjadi satu hal yang perlu diperhatikan ketika berbelanja online. Karena tiap jasa pengiriman barang tidak bisa menjamin barang diterima dengan kondisi yang utuh.

Sukar Melihat Kualitas Barang

Membaca spesifikasi produk menjadi hal yang penting ketika hendak berbelanja online. Seperti ketika hendak membeli pakaian, membaca betul ukuran dan bahan yang digunakan menjadi penting jika tak mau kecewa ketika barang datang.

Beberapa toko memang dilengkapi dengan testimoni pembeli. Hal ini bisa kita lihat kualitas barang yang dijual dan juga melihat apakah penjual terpercaya atau hanya penipu.

Ongkos Kirim Lebih Mahal

Yang menjadi pertimbangan lain dalam berbelanja online adalah ongkos kirim. Terkadang kalau jarak yang harus ditempuh dalam perjalanan bisa menjadi biaya yang mahal untuk sekedar membayar ongkos kirim.

Juga berat barang yang akan dikirim sangat menentukan ongkos yang dibayar. Apalagi jika dihitung berdasarkan volume.


Kalau aku sih lebih suka belanja online. Selain hemat waktu, bisa puas melihat barang yang dijajakan.

Kalau kamu gimana?

Comments

  1. Saya juga sering belanja online. Manfaatkan promo² dari marketplace. Mantap!

    ReplyDelete
  2. ga seneng belanja online, selain barang-barang langka di pasaran nyata hehe...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm