Anime Review : Digimon Adventure Tri (part 1-3)

Digimon Adventure Tri merupakan serial  TV dari Digimon yang diproduksi oleh Toei Animation. Anime ini diproduksi untuk merayakan 15 tahun dari serial pertamanya, Digimon Adventure.



Ada 6 part pada serial anime ketiga kali ini dan cukup lama dirilisnya mulai dari part 1 di tahun 2015 hingga part 6 yang baru dirilis tanggal 5 Mei 2018. Inilah yang membuat saya baru menyelesaikan nonton anime ini. šŸ˜¬


Sinopsis
Karena terdapat beberapa part di sekuel anime Digimon Adventure Tri ini,maka saya akan membaginya per bagiannya. Secara umum, antar bagian saling berhubungan dan tidak seperti sekuel anime sebelumnya yang menampilkan musuh yang harus dilawan.

Part 1 : Sakai

Dari arti kata 'sakai' yang berarti reuni. Ada 4 buah episode di bagian pertama ini yang menceritakan awal mula kisah petualangan ini dimulai.

Di bagian ini, semua anak terpilih mulai bertemu dan berkumpul menjadi satu. Mulai dari Mimi yang kembali ke Jepang dan Joe yang mulai sibuk dengan ujiannya.

Nah, sebelumnya di Digimon Adventure Tri ini semuanya maju 3 tahun dari usia di Digimon Adventure Two atau 6 tahun dari Digimon Adventure. Jadi, di sini Taichi, Sora, dan Yamato duduk di kelas 2 SMA. Mimi dan Koushiro duduk di kelas 1 SMA. Joe di kelas 3 SMA. Sedangkan Takeru dan Hikari ada di kelas 2 SMP. Menariknya ada satu anak terpilih lagi yang sekelas dengan Sora bernama Meiko ikut dalam petualangan ini.

Di sini dimulailah adanya distorsi yang menyebabkan Digimon dari dunia digital bisa masuk ke dunia nyata. Digimon yang masuk mulai merusak bangunan dan memiliki misi untuk mengambil salah satu Digimon dari anak terpilih.

Sebelum muncul distorsi, ada sebuah lembaga pemerintah yang menangani dan meneliti mengenai digimon. Ayah Meiko merupakan profesor yang ahli di bidangnya, dibantu dengan anak terpilih di masa lalu, yaitu Himekawa dan Nishijima (guru Taichi dkk).

Di sinilah mulai diceritakan adanya Digimon terinfeksi dan distorsi yang melanda dunia digital dan dunia nyata. Dan muncullah alphamon yang merupakan satu dari 13 royal knights yang tumduh pada Yggdrasil.

Part 2 : Ketsui

Ada 4 episode juga di part kedua ini. Part kedua dirilis pada tanggal 12 Maret 2016.

Di part ini mulai ada aktivitas antara anak terpilih dan para digimonnya. Mimi dan Meiko yang bergabung menjadi panitia di sekolah untuk membuat sebuah cafe yang populer di Amerika. Karena tak sejalan dengan pemikiran Mimi, banyak teman Mimi yang menganggap Mimi egois.

Di sisi lain Joe yang sedang berkonsentrasi pada ujiannya tak ingin bergabung dengan teman-teman yang lain dan memilih untuk belajar.

Karena adanya distorsi inilah, kemudian Gennai (yang membantu para anak terpilih) mengalami suatu perubahan dan diperbudak oleh Yggdrasil untuk menghancurkan dunia. Di dunia nyata, Gennai menggunakan Avatar milik Ishijoji Ken.

Ogremon yang sudah terinfeksi tak bisa mengendalikan diri dan keluar masuk menuju dunia nyata. Leomon yang tak menginginkan ogremon mengamuk membawa ogremon kembali ke dunia digital.

Bantuan leomon sangat membantu anak terpilih di dunia nyata. Ternyata meicoomon ikut terinfeksi dan menyebabkan terbunuhnya leomon. Meicoomon yang sudah terinfeksi masuk ke lubang distorsi dan dibawa oleh Gennai. Karena khawatir, palmon dan gomamon ikut masuk ke lubang distorsi yang tak bisa ditembus oleh para Digimon lain.

Gennai yang tak ingin meicoomon dibawa pulang, memerintahkan imperialdramon untuk melawan palmon dan gomamon. Disini terjadi kyuukyoku Shinkansen menjadi rosemon dan vikemon.

Part 3 : Kokuhaku

Di part ini ada 6 episode yang dirilis pada tanggal 24 September 2016.

Karena adanya Digimon yang sudah terinfeksi, Koushiro membuat sebuah barrier di kantornya untuk melindungi para digimon. Karena bekerja 24 jam selama berhari-hari, Koushiro mengalami kurang tidur. Hingga saat Joe dan Takeru datang ke kantor Koushiro mereka meminta Koushiro istirahat.

Kemudian keluarlah para Digimon dari barrier dan disinilah patamon mulai terinfeksi dan menggigit Takeru. Kekhawatiran Takeru karena patamon sudah terinfeksi membuat Takeru membawa pulang patamon agar tak menginfeksi yang lain.

Hikari yang dimasuki oleh ruh homeostasis (pembawa kedamaian dan keseimbangan dunia) mulai mengatakan kepada para Digimon akan adanya reboot dunia digital untuk menyelamatkan semuanya. Adanya reboot inilah yang menyebabkan semua Digimon terlahir kembali dan kehilangan ingatan sebelumnya.

Koushiro yang mengetahui adanya reboot mulai membuat sebuah data agar data para digimon tidak hilang setelah reboot. Meicoomon yang sudah terinfeksi masuk ke lubang distorsi dan pertempuran dengan Digimon lain dimulai dan reboot juga segera dimulai.

Meicoomon berubah menjadi meicrackmon dan menyebabkan satu per satu Digimon terinfeksi. Tentomon yang terakhir masuk kemudian berubah menjadi Hercules Kabuterimon yang mencoba meminta semua temannya masuk ke data backup yang sudah dibuat Koushiro. Ternyata hal ini tak berhasil dan reboot dunia digital selesai.

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Cushion Murah di Bawah 100 Ribu, Esenses Skin Perfecting Cushion