Perlukah Memakai Ulang Sunscreen?

Sumber gambar: sindonews


Sunscreen/sunblock apakah perlu diulang?

Seperti yang kita tahu atau pernah kita baca bahwa setiap kita menggunakan sunscreen perlu diulang, misal setiap 2 jam sekali.

Lalu, mengapa kita harus mengulang penggunaan sunscreen?

Pertama, karena sunscreen yang kita gunakan akan terurai kandungannya karena waktu dan paparan sinar matahari. Sehingga, efektivitas sunscreen akan berkurang.

Kedua, sunscreen akan berkurang saat produk terkena air, ataupun berkeringat. Sehingga, kandungannya berkurang.

Ketiga, banyak ahli berpendapat bahwa mengulang penggunaan sunscreen tiap dua jam sekali karena dimungkinkan penggunaan sunscreen tidak merata dan tidak dalam jumlah yang cukup

Mengulang penggunaan sunscreen jika sebelumnya melakukan kegiatan di luar ruangan.

Efektivitas Sunscreen

Efektivitas sunscreen bisa dilihat dari kandungan SPF yang terkandung di dalamnya. Misal, kandungan SPF 30. Maka efektivitasan sunscreen dikalikan 10 menit. Jadi 30 x 10 menit = 300 menit/5 jam. Jadi sunscreen efektif digunakan untuk melindungi kulit wajah hanya selama 5 jam. 

Ketika sudah 5 jam, dianjurkan untuk menggunakan sunscreen lagi untuk memproteksi wajah dari bahaya sinar UV. Tetapi, jika dalam waktu kurang dari 5 jam wajah basah karena wudhu, dianjurkan untuk menggunakan sunscreen kembali karena lapisan sunscreen telah terkikis oleh air. Kecuali jika menggunakan sunscreen yang anti air.

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm