Manfaat Centella asiatica untuk Kecantikan

Centella asiatica merupakan nama ilmiah dari pegagan. Tumbuhan jenis ini banyak ditemukan secara liar di beberapa wilayah di Asia tropik.



Tanaman ini memiliki daun berbentuk seperti kaki kuda dan banyak dikonsumsi sebagai sayuran yang memiliki banyak khasiat kesehatan.

Di balik hal tersebut, ternyata pegagan juga digunakan untuk mengatasi masalah kulit wajah yang paling banyak dialami oleh manusia. 

Mengatasi Jerawat

Jerawat, menjadi salah satu masalah kulit yang menyebalkan karena sangat menggangu penampilan. Terlebih jenis jerawat tertentu akan menyebabkan sakit, seperti nyut-nyutan meski tidak disentuh.

Pegagan mengandung senyawa glikosida madekosida yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Selain itu, pegagan juga memiliki kandungan triterpenoid yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan bekas jerawat.

Jadi, selain berfungsi meredakan kemerahan pada jerawat, Centella asiatica juga dapat memudarkan bekas jerawat.


Anti Aging

Selain dapat mengatasi jerawat, Centella asiatica juga berfungsi sebagai anti aging yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Pegagan memiliki kandungan asiaticoside dan madecassoside yang dapat meningkatkan kadar kolagen kulit. Dengan meningkatnya kadar kolagen inilah yang menyebabkan kulit lebih lentur dan terhindar dari penuaan dini.

Produk Skincare yang Mengandung Pegagan

Beberapa manfaat dari pegagan inilah yang membuat beberapa perusahaan kosmetik menambahkan bahan organik ini sebagai skincare anti acne. Beberapa produknya adalah:

Sariayu Facial Foam Anti Acne



Facial foam ini cukup menenangkan kulit berjerawat dan tidak membuat kulit kering. Kandungan pegagan cukup terasa baunya yang khas dan lumayan efektif bagi yang memiliki masalah jerawat.

Sariayu Sabun Jerawat



Berbentuk sabun, produk ini memiliki kandungan utama pegagan dan bunga kenanga yang cukup relaxing saat digunakan.

Sariayu Krem Masker Jerawat



Bagi yang tak suka masker bubuk, masker ini cukup higienis dan awet digunakan secara rutin. Hasilnya cukup efektif untuk mengempeskan jerawat dengan pemakaian 2x seminggu.

Skinfood Sheet Mask Centella asiatica



Bagi yang suka memakai sheet mask, produk ini cukup ampuh untuk mengempeskan jerawat. Memiliki bau yang cukup tajam khas pegagan, essen yang terkandung cukup banyak dan membuat kulit lembab tapi tidak bikin break out.

Sensatia Botanicals Acne Clarifying Cleanser



Bagi yang ingin mencoba produk organik lokal, produk ini cukup efektif untuk mencegah dan melawan jerawat. Selain pegagan, ada juga kandungan kulit lemon dan tea tree yang membantu melawan kuman penyebab jerawat.

COSRX Centella Blemish Cream



Bagi yang mencari moisturizer anti acne, produk ini cukup rekomen untuk mengatasi masalah jerawat. Selain itu, produk ini cukup melembabkan kulit wajah, sehingga kulit terhidrasi dengan baik dan masalah kulit lain dapat teratasi.

Selain 6 produk di atas, beberapa perusahaan kosmetik Korea juga sudah menggunakan pegagan sebagai bahan organik untuk membuat skincare anti acne. Semoga bermanfaat

Sumber Gambar: Google

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni