Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik

Sastra Melayu tidak terlepas dari sebuah cerita yang banyak berkembang di masyarakat. Pada buku ini menjelaskan mengenai sumber sejarah dan naskah cerita yang didokumentasikan dari berbagai sumber menjadi satu.



Beragam cerita dari berbagai versi sumber ditulis kembali dalam buku Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik yang ditulis oleh Dr Liaw Yock Fang dengan editor Prof Riris K Toha Sarumpaet, Ph.D dalam bahasa Melayu. Dalam buku yang diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Obor Indonesia ini terdiri dari beragam cerita yang meliputi:
1. Kesusastraan Rakyat
2. Epos India dan Wayang
3. Cerita dari Jawa
4. Sastra Zaman Peralihan Hindu-Islam
5. Kesusastraan Zaman Islam
6. Cerita Berbingkai
7. Sastra Kitab
8. Sastra Sejarah
9. Undang-Undang Melayu Lama
10. Pantun dan Syair

Beragam cerita ada di buku ini dari berbagai sumber yang ada. Penulis menjelaskan secara gamblang beserta ringkasan cerita yang mudah dibaca dan dipahami.

Dari beberapa cerita yang ada banyak yang beredar, dibuat film, dan cerita untuk anak. Khususnya untuk kesusastraan rakyat dan kesusastraan zaman Islam.

Pada kesusastraan rakyat biasanya sering didongengkan sebelum anak tidur. Seperti kisah kancil yang memiliki banyak versi. Sedangkan untuk kesusastraan zaman Islam berupa kisah para nabi. Hanya saja tidak semua cerita, khususnya kisah nabi sama seperti kisah yang sering saya dengarkan dan baca.

Menggunakan bahasa Melayu menjadi sedikit lebih banyak untuk berpikir makna dan maksud cerita. Meskipun begitu, inti cerita dapat ditarik kesimpulan meskipun ada banyak sumber dari sebuah cerita.

#ReadingChallengeODOP
#Tantangan2Level3

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni

Resensi Buku : The Perfect Husband