Apa yang Kamu Ketahui Tentang Epidemiologi?

Di dunia kesehatan masyarakat, epidemiologi merupakan mother of public health dan menjadi dasar perkembangan ilmu kesehatan masyarakat. Nah, sebelum mempelajari ilmu epidemiologi lebih dalam lagi, ada baiknya kita mengetahui definisi epidemiologi dan manfaatnya.

Sumber Gambar: pelajaran.id


Definisi Epidemiologi

Epidemiologi berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata:
Epi : pada atau tentang
Demos : penduduk
Logos : ilmu

Jadi bisa didefinisikan bahwa epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang penduduk.

Meskipun sekilas memiliki definisi yang hampir sama dengan demografi, epidemiologi memiliki ruang lingkup mengenai penyakit di masyarakat.

Sehingga, epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari penyakit yang terjadi di masyarakat. Dan konsep pada epidemiologi ini berbeda dengan konsep kedokteran. Jika ilmu kedokteran berkonsep pada individu, epidemiologi berkonsep pada populasi atau masyarakat

Definisi Epidemiologi Menurut Para Ahli

1. Hiersch (1883)
Epidemiologi merupakan suatu gambaran kejadian, penyebaran, dan jenis-jenis penyakit pada manusia pada waktu tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkannya dengan kondisi eksternal.

2. Greenwood (1934)
Epidemiologi merupakan suatu ilmu tentang penyakit dan kejadiannya.

3. W. Hamton Frost (1972)
Epidemiologi merupakan fenomena penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah penyakit menular.

4. Mac Mahon (1970)
Epidemiologi merupakan studi tentang penyebaran penyakit dan penyebabnya pada manusia dan mengapa terjadi penyebaran semacam itu.

5. Last (1988)
Definisi dari Last ini yang kemudian menjadi definisi epidemiologi yang digunakan oleh WHO.

Menurut Last, epidemiologi merupakan studi of the health related states or events ia spesified population and the appication of such study to solve health problem.

Dari berbagai macam definisi epidemiologi, maka dapat didefinisikan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang frekuensi dan penyebaran masalah kesehatan pada kelompok manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya untuk mengatasi masalah kesehatan.



Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm