Manfaat Epidemiologi



Epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang penyakit di masyarakat. Dalam penerapannya, epidemiologi banyak digunakan di berbagai sisi ilmu kesehatan masyarakat. Contohnya saja, di pabrik diterapkan adanya surveilans kecelakaan kerja. Sehingga dengan adanya surveilans ini dapat meminimalisir bahkan mencegah terjadinya kecelakaan kerja di sebuah pabrik.

1. Membantu Pekerjaan Administrasi Kesehatan

Manfaat Epidemiologi yang pertama adalah dapat membantu berbagai administrasi kesehatan. Dalam hal ini meliputi merencanakan program, memonitor, dan mengevaluasi.

Adanya data epidemiologi sangat berpengaruh karena dapat memproyeksikan masalah kesehatan mana yang akan menjadi prioritas dalam mengambil kebijakan.

2. Dapat Menerangkan Penyebab Suatu Masalah Kesehatan

Dengan epidemiologi, kita bisa mengetahui penyebab beragam masalah kesehatan. Hal ini sangat penting karena dalam ilmu kesehatan masyarakat, untuk mengatasi masalah kesehatan diperlukan identifikasi masalah kesehatan. Sehingga dapat membantu untuk mengendalikan masalah kesehatan di masyarakat.

3.  Dapat Menerangkan Perkembangan Alamiah Penyakit

Dalam ilmu epidemiologi penyakit menular, terdapat perkembangan alamiah penyakit. Dengan mengetahui perkembangan alamiah penyakit akan membantu dalam menanggulangi penyebaran penyakit yang ada di masyarakat.

4. Membantu Menegakkan Diagnosa Masyarakat

Dalam masyarakat, masalah kesehatan cenderung diungkapkan dalam gejala yang timbul. Mempelajari epidemiologi dapat membantu diagnosa penyakit yang ada di masyarakat melalui penyelidikan epidemiologi, sehingga penanggulangan dapat efektif dan penyebaran penyakit ke masyarakat yang lebih luas dapat diminimalisir.

5. Melengkapi Gambaran Klinis Suatu Masalah Kesehatan

Dengan mengetahui riwayat alamiah penyakit akan membantu kita dalam mengetahui gambaran klinis penyakit. Sehingga dapat membantu menentukan treatment yang tepat di masyarakat.

6. Identifikasi Sindroma Masalah Kesehatan di Masyarakat

Dalam masalah kesehatan masyarakat, terdapat beragam gejala yang dialami. Dengan mengumpulkan beberapa gejala akan membantu mengidentifikasi masalah kesehatan, sehingga langkah selanjutnya dapat ditentukan.

7. Dapat Menerangkan Keadaan Suatu Masalah Kesehatan

Dalam hal ini menyengkut status pandemi, epidemi,  endemi, dan sporadik.


Nah, itulah beragam manfaat epidemiologi yang dapat diterapkan di berbagai bidang kesehatan.

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan