Mengenal Seni Paper Quilling

Paper quilling merupakan seni menggulung kertas yang akan menghasilkan karya seni berbentuk 3 dimensi ataupun 4 dimensi. Kerajinan tangan ini memerlukan ketelitian yang cukup tinggi, sehingga tercipta daya kreasi yang bernilai jual tinggi.

Sumber Gambar : blogmariberkarya


Sekilas, kerajinan dengan bahan utama kertas ini mirip dengan origami. Tetapi dalam seni paper quilling memerlukan ketelitian dan kreativitas dalam menghilang kertas dan membentuknya menjadi sebuah ornamen yang berseni tinggi.

Alat dan Bahan Paper Quilling

Sebelum memulai membuat paper quilling, terlebih dahulu siapkan bahan-bahan yang digunakan:

1. Kertas Paper Quilling. Kertas ini banyak yang menjualnya di toko kerajinan dengan beragam ukuran. Selain itu, kita juga bisa membuatnya sendiri menggunakan kertas HVS warna yang dipotong memanjang sesuai ukuran. Hanya saja jika membuat potongan kertas HVS, panjangnya hanya terbatas dan tidak bisa digunakan untuk membuat bentuk tertentu yang membutuhkan kertas yang cukup panjang.

Sumber Gambar : Shopee


2. Alat Penggulung Kertas. Alat ini banyak dijual sepaket dengan kertas di toko kerajinan. Jika merasa kesulitan, bisa menggunakan tusuk gigi untuk membantu menggulung kertas.

Sumber Gambar : Bukalapak


3. Lem Kertas. Sebaiknya gunakan lem kertas cair yang memiliki corong di ujungnya untuk mempermudah mengaplikasikan pada ujung kertas.

Sumber Gambar : Tokopedia


4. Papan Quilling. Papan ini akan membantu dalam membuat bentuk.

Sumber Gambar : Bukalapak


Membuat kerajinan tangan ini ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan di saat senggang. Bahan dan alatnya pun mudah didapatkan yang akan mempermudah kita dalam berkreasi dengan kertas.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm