Scadix, Obat Scabies Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer di dunia. Selain tingkahnya yang lucu, bulunya juga cukup memikat karena keindahannya, terutama untuk jenis kucing berbulu panjang. Hanya saja terkadang banyak masalah kesehatan yang menjangkiti si kucing. Salah satunya yang menyangkut bulu dan kulit kucing.

Sumber : dokpri


Scabies pada Kucing

Scabies, merupakan salah satu masalah kulit dan bulu kucing yang banyak menimpa beragam jenis kucing. Penyebabnya adalah tungau yang membuat rongga di bawah permukaan kulit. Hasilnya kulit kucing akan terluka, membuat permukaannya tak rata, dan mudah menyebar ke seluruh anggota tubuh lainnya. Parahnya, jenis penyakit ini bisa menular ke kucing lain bahkan ke manusia yang sering berinteraksi dengannya.

Sumber : dokpri


Keberadaan tungau di tubuh kucing sangat dipengaruhi oleh perawatan dan kondisi lingkungan kucing. Kucing yang sering berada di lingkungan yang lembab dan kotor akan lebih rentang terkena infeksi tungau ini. 

Obat Scabies Kucing

Jika kucing terlanjur terserang scabies, kita bisa melakukan beragam pengobatan agar tidak cepat menular ke bagian tubuh atau kucing lainnya. Selain mengisolasi atau tidak mencampur kucing yang terkena scabies ke kucing sehat, ada berbagai macam obat scabies yang bisa diperoleh di dokter hewan atau membelinya di pet shop.

Obat scabies kucing banyak jenisnya. Ada yang tipe tetes, tipe suntik, ataupun yang tipe spray atau semprot. Beragam merk pun tersedia di pasaran dan bisa dengan mudah dibeli di pet shop.

Scadix, Obat Scabies Kucing

Salah satu obat scabies kucing yang paling banyak ditemukan di pasaran adalah Scadix. Terdapat dua jenis produk Scadix:
1. Scadix Spray 60 ml
2. Scadix Tetes 30 ml



Klaimnya, Scadix mampu mengatasi beragam infeksi kulit pada kucing dengan efektif. Seperti demodex, scabies, kudis, koreng, eksim, dan gatal-gatal yang disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, dan kutu.

Produk ini diproduksi oleh Tamasindo Veterinary Semarang. Dalam produk lengkap dengan nomor registrasi, sehingga cukup aman diberikan kepada kucing.

Warna larutannya kuning pekat dengan komposisi yang terdiri dari:
1. Neomicyn sulphate 7,5%
2. Ampicilin Trihydrate 7,5%
3. Tricholfon 10%

Cara penggunaanya cukup mudah. Sebelum digunakan, botol dikocok terlebih dahulu agar bahan aktif dapat tercampur. Kemudian aplikasikan dengan disemprot atau diteteskan sesuai dengan varian produknya. Untuk penggunaan bisa digunakan 2-3 kali sehari.

Review Scadix, Obat Infeksi Kulit Kucing

Saya mencoba menggunakan Scadix selama kurang lebih 2 bulan, 2 minggu pertama menggunakan Scadix spray, dan selanjutnya menggunakan Scadix tetes.

Ada perbedaan yang cukup nyata dalam penggunaannya. Meskipun spray memiliki ukuran yang cukup banyak, tetapi varian spray ini cukup boros dibandingkan dengan yang tetes. Pada Scadix spray, memiliki aplikasi spray dengan slang yang cukup panjang. Mungkin ini yang menyebabkan isi lebih cepat habis. Meskipun begitu, alat spraynya cukup gampang dan lancar untuk disemprotkan.

Perbedaan kedua terletak pada bau yang ditimbulkan. Pada produk Scadix spray bau ampicilin cukup menyengat dibandingkan dengan Scadix tetes. Baunya cukup menempel lama pada kucing dan kalau tak tahan bisa dinetralisir dengan parfum kucing.

Selama penggunaan Scadix, memang scabies pada kucing saya belum bisa sembuh total. Padahal sudah dipakai rutin 2-3 kali sehari. Mungkin karena Scabies juga menimbulkan kebotakan pada kulit kucing, jadi cukup sudah jika tidak diimbangi dengan pengobatan scabies lain dari dokter hewan.

Meskipun begitu, Scadix cukup ramah dikantong. Untuk Scadix spray saya beli dengan harga 15 ribu rupiah dan untuk Scadix tetes hanya dengan harga 13 ribu rupiah.

Nah, sekarang masih mencoba pengobatan scabies yang lain. Yang sudah berpengalaman boleh share di kolom komentar ya. Terima kasih

6 komentar

  1. Kalo dikucing saya scadix spray itu gabisa nyembuhin scabies but bisa untuk meredakan gatal2

    BalasHapus
  2. Hai kak mau nanya, kira kira kalo dibawa ke dokter hewan, total biaya nya berapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, bantu balas ya karena kebetulan saya tadi dari Vet. Tapi kucing saya juga ada flu jadi mungkin biayanya bisa berbeda. Tapi tadi saya membayar 190rb. Untuk biaya daftar 5rb, biaya konsultasi dokter 70rb, obat scabiesnya 40rb, sisanya biaya antibiotik dan tetes mata. Tadi saya di Amore Bekasi. Untuk vet lain mungkin harga jasa konsultasi dokter bisa berbeda

      Hapus
  3. kalau terjilat sama anabul amankah

    BalasHapus
  4. Kalo scadix nya di jilati kucing pas di bagian yg kita semprot kan.. apkah baik² saja?

    BalasHapus
  5. Ini dari pengalaman saya jujur .. beberapa bulan lalu saya merescue kucing dengan jamur di seluruh tubuh dan sudah sampai berkerak atau keropeng di bagian seluruh wajah, ekor, dan kaki... Saya menyemprotkan scadix secara rutin dalam rentang waktu hampir 1 bulan... Dan Alhamdulillah kucing Yg saya rescue sekarang sudah sembuh, keropeng mengelupas dan badannya tidak lagi berjamur. Mulai tumbuh bulu. Badannya sudah seperti kucing pada umumnya

    BalasHapus