Tanam Hidroponik, Perhatikan Hal Berikut



Hidroponik menjadi salah satu cara bercocok tanam yang ringkas dan tanpa menimbulkan risiko yang besar. Selain itu, hidroponik bisa digunakan sebagai alternatif untuk menanam di lahan yang sempit. Meski begitu, harus ada yang perlu diperhatikan dalam menanam dengan cara hidroponik:

1. Benih Berkualitas

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah benih yang berkualitas. Benih Berkualitas akan mempercepat waktu benih berkecambah. Selain itu dengan adanya benih yang berkualitas akan mengurangi kemungkinan benih tak dapat tumbuh.

2. Media Tanam

Meski terkenal hanya dengan menggunakan media air, menanam cara hidroponik juga memerlukan media untuk benih berkecambah. Salah satu media yang bisa digunakan adalah rockwoll.

3. Nutrisi

Setelah benih berkecambah dan dimasukkan ke dalam netpot, kita harus memperhatikan nutrisi tanaman. Beberapa nutrisi bisa dibeli di pasaran dengan cara pemakaian yang sesuai dalam kemasan. Biasanya dalam 1 liter air memerlukan 5 ml nutrisi A dan 5 ml nutrisi B.

4. Perhatikan pH Air

Agar nutrisi seimbang, kita juga harus memperhatikan pH air. Caranya adalah dengan menggunakan alat pHmeter yang bisa dibeli di pasaran.

5. Perhatikan Metode Bertanam Hidroponik

Salah satu kunci dalam bertanam hidroponik adalah metode yang digunakan. Dengan memahami metode hidroponik yang digunakan akan mempermudah kita dalam merawat tanaman dalam netpot.

Selamat Bercocok Tanam!!

Comments

  1. Wah kalau punya lahan di rumah, saya mau coba deh. Terima kasih ya mba untuk artikel yang bermanfaatnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm