Balita Puasa?



Usia di bawah 5 tahun merupakan usia emas dalam kehidupan manusia. Usia ini menjadi masa emas dari fitrah keimanan yang harus dipupuk dan distimulasi sejak dini. Salah satu cara untuk menumbuhkan fitrah keimanan anak di bulan Ramadhan adalah dengan mengenalkan dan melatih anak berpuasa.

Tips berpuasa untuk anak kecil memang tidak bisa secara langsung diterapkan. Tetapi harus dilatih dan dipahaminya tentang ibadah puasa.

Ibadah puasa Ramadhan menjadi salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat muslim di dunia. Nah, berhubung bulan Ramadhan menjadi bulan dimana umat muslim berpuasa, ada baiknya juga mengenalkan dan mengajarkan anak balita berpuasa.

Beberapa tips mengenalkan balita berpuasa untuk memupuk fitrah keimanannya adalah:

Tidak Tidur Terlalu Malam

Ada kalanya anak meminta tidur terlalu malam. Segera kondisikan anak untuk segera tidur. Beri beberapa stimulasi yang menjadi kebiasaan anak akan tidur. Bisa dengan dongeng, membacakan buku, dan hindarkan anak dari paparan gadget sebelum tidur. Ketika anak tidur tidak terlalu malam akan membuat anak lebih mudah bangun ketika waktu sahur.

Membangunkan Anak Saat Sahur

Meskipun anak belum wajib berpuasa, membangunkan anak saat sahur akan melatih anak untuk terbiasa bangun pagi dan menanamkan kerinduan anak pada bulan Ramadhan. Bangunkan anak dengan kasih dan cinta, sehingga anak semangat untuk ikut melakukan sahur.

Tidak Membiarkan Anak Makan di Depan Umum

Salah satu cara melatih anak berpuasa di bulan Ramadhan adalah dengan cara menghormati orang lain yang berpuasa. Caranya dengan mengajak anak ke dalam rumah untuk makan dan tidak membiarkan anak jajan ataupun makan di luar rumah.

Setiap keluarga memiliki visi misi yang berbeda dengan keluarga yang lain. Alangkah baiknya mengajarkan balita berpuasa disesuaikan dengan visi misi keluarga dan kemampuan pemahaman anak mengenai apa itu puasa.

Memang pada dasarnya, balita berpuasa belum diwajibkan oleh syariat. Tetapi dengan mengajarkan balita berpuasa sejak dini akan menanamkan fitrah keimanan anak, sehingga saat berumur 7 tahun kelak anak sudah siap dan paham tentang arti puasa.



Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm