Cara Mudah Masak Ketupat Pakai Panci Presto



Lebaran sangat identik dengan masakan ketupat beserta opor ayam. Meskipun terlihat sangat sederhana, masakan ketupat memiliki proses yang panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selain harus mengayam daun kelapa atau janur menjadi bentuk ketupat, memasak beras yang sudah dimasukkan ke dalam bentukan ketupat harus sabar dan tidak perlu buru-buru agar beras bisa masak sempurna.

Nah, bagi para ibu-ibu yang tak ingin repot membuat ketupat untuk sajian lebaran, bisa nih memanfaatkan panci presto agar ketupat cepat masak dan praktis. Bagi yang pengen tahu cara membuat ketupat menggunakan panci presto, di bawah ini proses pembuatannya ya...

1. Menyiapkan Bahan Pembuat Ketupat 

Salah satu bahan pembuat ketupat adalah daun kelapa atau janur yang berwarna hijau muda. Kita bisa mendapatkannya di beberapa pasar di saat mendekati musim lebaran.

2. Mengayam

Agar janur bisa berubah bentuk menjadi ketupat, caranya adalah dengan mengayamnya sedemikian rupa dengan proses ketelitian yang cukup tinggi. Berikut caranya

Sumber : abwaba.com


Bagi yang tak ingin ribet membuat anyaman ketupat, kita bisa membeli janur yang sudah dianyam. Sehingga lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu.

3. Mencuci Beras

Tahap selanjutnya adalah mencuci beras hingga bersih. Agar beras cepat empuk, ada baiknya merendam beras selama 1 jam agar proses pemasakan menjadi lebih cepat. Bagi yang ingin ketupatnya beraroma wangi, bisa menambahkan daun pandan saat merendam beras. Setelah 1 jam beras direndam, tiriskan beras.

4. Isi Ketupat dengan Beras

Setelah beras ditiriskan, isi daun janur yang sudah dianyam menjadi ketupat. Tips agar rasa ketupat tidak terlalu keras, usahakan hanya menambahkan beras setengah dari ukuran ketupatnya. Setelah ketupat diisi dengan beras, tutup kembali ketupat agar beras yang dimasak tidak berceceran keluar ketupat.

5. Masak dengan Panci Presto

Memasak dengan panci presto dapat mempersingkat waktu memasak. Tak hanya untuk membuat ketupat saja, memasak bahan lain akan mempermudah dan rasa yang dihasilkannya pun cukup empuk.

Untuk memasak ketupat dengan panci presto, masukkan ketupat yang sudah diberi beras ke dalam panci presto. Isi air hingga seluruh ketupat tertutup dengan air dan jangan sampai air dalam kondisi penuh.

Tutup panci presto, jika panci sudah berbunyi, tandanya ketupat sudah matang. Untuk menunggu waktu panci berbunyi biasanya hanya memerlukan waktu 20 menit saja. 


Nah, ternyata cukup mudah bukan  cara membuat ketupat menggunakan panci presto. Semoga informasinya bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm