Cilok, Kudapan Enak dan Gampang Dibuat



Jika di hari biasa, kita lebih leluasa untuk menikmati kudapan di jam berapapun. Maka, ketika saat Ramadhan tiba waktu untuk ngemil pun hanya terbatas di malam hari.

Nah, kalau saya lebih sering ngemil setelah waktu tarawih dan tilawah selesai. Selain lapar karena ibadah butuh energi, pengen juga ngemil karena tak begitu tahan kalau perut tiba-tiba keroncongan di tengah malam.

Salah satu ngemil favoritku selain makanan ringan adalah cilok. Selain mudah ditemukan di tempat yang sering aku buat jajan, ternyata harga cilok pun cukup terjangkau.

Tetapi, karena kadang malas menghampiri untuk keluar malam. Boleh deh sekali-kali bikin cilok di rumah. Cilok ini bisa dibuat di pagi atau sore hari. Terus cilok dimasukkan kulkas dan bisa dihangatkan lagi pas malam hari. Jadi lebih simpel. Hahaha

Cilok

Cilok merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka lengkap dengan sambalnya. Dinamakan cilok, karena makanan ini merupakan kependekan dari aci dicolok. Hal ini karena dalam penyajian dan cara memakannya adalah dengan menusukkan aci yang sudah dimasak menggunakan tusuk lidi.

Serupa, cilok hampir mirip dengan bakso. Hanya saja, cilok memiliki tekstur yang lebih kenyal karena dalam pembuatannya menggunakan lebih banyak tepung tapioka dibandingkan dengan tepung terigu.

Resep Cilok Paling Gampang

Bahan:
150 gram tepung tapioka
75 gram tepung terigu Cakra
3 siung bawang putih atau pakai bubuk bawang putih
Garam dan kaldu secukupnya
Seledri yang diiris halus

Isian :
Sosis, daging ayam, telur sesuai selera

Sambal :
Sambal pecel langsung seduh atau campuran saus dengan kecap

Cara Membuat :

1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan atau bubuk bawang putih,  seledri, garam dan kaldu. Aduk hingga rata
2. Masukkan air hangat sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata.
3. Sambil membentuk bulatan cilok dan diisi isian sesuai selera. Panaskan air pada panci.
4. Masukkan bulatan cilok ke air yang sudah mendidih.
5. Cilok yang sudah matang akan terangkat ke permukaan panci.
6. Sajikan dengan sambal pecel ataupun saus kecap.

Cukup mudah kan, cara membuat cilok. Cilok yang sudah dibuat, bisa dimasukkan kulkas dan untuk menyajikannya tinggal dikukus terlebih dahulu.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm