Ngeblog dan Berpikir Kritis, Adakah Hubungannya?

Gambar
Terkadang saya sering memikirkan bagaimana cara agar tetap produktif dalam membuat postingan di blog. Apalagi saat buntu dalam memikirkan ide untuk konten, bisa lebih dari seminggu tidak update dan inilah yang membuat malas untuk menulis kembali.Tapi, kalau blog yang sudah dibuat ini tak ada isinya. Lantas, hampir mirip dengan rumah tak lagi dihuni kali ya? Ya, jangan sampai dihuni sarang laba-laba deh ya.Salah satu yang paling sulit dalam membuat postingan di blog adalah memikirkan tema yang akan dibuat. Bagi pemilik blog yang sudah memiliki 1 niche mungkin agak ringan kali ya untuk menentukan satu postingan yang akan dibuat, meski kadang juga pasti mengalami writers block juga.Tetapi, bagi yang masih memiliki niche campuran, membuat postingan di blog pastinya membutuhkan postingan yang fresh. Nah, salah satunya adalah dengan mengungkapkan opini berdasarkan hal yang kita sukai.Beropini bukanlah perkara yang mudah. Dengan beropini berarti melatih kita untuk berpikir kritis pada salah …

Isi Waktu Efektif di Bulan Ramadhan



Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang harus dimanfaatkan setiap waktu untuk meraih pahala. Memang terkadang saat Ramadhan menjadi hal yang berat karena tenaga mulai terkuras, terlebih di siang hari ketika sedang beraktivitas. Agar waktu di bulan Ramadhan tidak terbuang sia-sia, kegiatan mengisi waktu selama Ramadhan pun harus yang bermanfaat, terutama yang ada hubungannya dengan ibadah.

Perbanyak Ibadah

Salah satu hal yang harus diperhatikan selama bulan Ramadhan adalah memperbanyak ibadah, yaitu dengan melaksanakan ibadah wajib dan memperbanyak ibadah Sunnah. Melakukan Sholah Sunnah, seperti tarawih, Dhuha, tahajud, tasbih, dan witir akan menjadi pengokoh iman kita, sebagaimana sholat merupakan tiang agama.

Selain itu, ibadah Sunnah lain seperti sedekah, infak, dan membaca Al Qur'an bisa ditargetkan selama bulan Ramadhan.

Hindari Membuang Waktu Sia-Sia

Di saat siang hari atau sore hari terkadang badan sudah lemas. Adakalanya ingin membuang-buang waktu dengan main game ataupun sekedar dengan membuka hape untuk stalking. Ada baiknya memanfaatkan waktu untuk menuntut ilmu ataupun beristirahat untuk persiapan ibadah di malam hari.

Istirahat di Siang Hari

10 malam terakhir di bulan Ramadhan merupakan malam yang penuh berkah karena di salah satu malamnya terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan (Lailatul qodar). Agar stamina tetap terjaga di malam hari dan tidak mudah mengantuk, ada baiknya beristirahat terlebih dahulu di siang hari agar saat malam, ibadah jadi lebih khusyuk dan terhindar dari rasa mengantuk.

Tetap Beraktivitas Seperti Biasa

Meskipun saat berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan selama lebih dari 12 jam. Bukan berarti saat Ramadhan, seluruh aktivitas sehari-hari harus diliburkan.

Berpuasa masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan memperhatikan kadar kalori yang dikeluarkan dan hindari melakukan pekerjaan berat ataupun olahraga berat yang menguras energi.

 Agar energi tetap terjaga hingga waktu berbuka tiba, ada baiknya melakukan kegiatan yang tidak terlalu membuang kalori dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap fit dan terhindar dari ancaman berbagai penyakit menjelang lebaran.

Nah, itulah berbagai aktivitas yang efektif dilakukan saat Ramadhan. Ada aktivitas favoritmu tidak?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Toko Perlengkapan Bayi di Shopee

Review: Masker Beras Series Byvazo

Scadix, Obat Scabies Kucing