Jenis Makanan yang Baik Saat Buka Puasa



Berbuka puasa menjadi sebuah kenikmatan setelah seharian berpuasa. Selain untuk menggantikan energi yang habis setelah beraktivitas, berbuka puasa juga bisa menambah energi untuk melaksanakan ibadah selanjutnya. Untuk itu, perlu diperhatikan nutrisi yang dikonsumsi saat buka puasa.

Nutrisi saat buka puasa tentunya disesuaikan dengan kondisi pribadi dan aktivitas yang sudah dilakukan selama seharian. Kondisi orang dewasa dengan para ibu hamil atau ibu menyusui yang melakukan puasa pun tentunya berbeda. Pun jika dibandingkan dengan orang dewasa yang beraktivitas berat dan yang beraktivitas ringan memiliki perbedaan nutrisi yang dikonsumsi saat buka puasa.

Air Putih



Beberapa orang mungkin lebih menyukai berbuka puasa dengan minum es ataupun dengan minuman manis lainnya. Tetapi ternyata untuk memulai buka puasa yang baik adalah dengan mengonsumsi air putih terlebih dahulu.

Dengan mengonsumsi air putih akan mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian beraktivitas. Selain itu, air putih memiliki pH yang baik untuk tubuh. Sehingga keseimbangan tubuh kembali normal dan bersiap untuk mengonsumsi makanan jenis lain.

Kurma



Kurma menjadi salah satu makanan buka puasa yang dianjurkan oleh Nabi karena memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Rasa kurma yang manis menjadi pengganti energi yang hilang setelah beraktivitas. Dengan mengonsumsi kurma dapat membantu tubuh untuk melakukan ibadah shalat sebelum mulai mengonsumsi makanan besar

Buah-Buahan



Selain kurma, buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk buka puasa. Kita bisa memilih buah dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka yang akan mengembalikan cairan tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Selain buah dengan kadar air tinggi, kita juga bisa mengonsumsi buah dengan kandungan serat yang cukup untuk memperlancar pencernaan selama bulan puasa.

Sayur-Sayuran



Agar kebutuhan serat, vitamin, dan mineral terpenuhi saat menjalankan ibadah puasa, konsumsi sayur-sayuran saat berbuka puasa akan memenuhi semua nutrisi tersebut. Kita bisa mengkreasikan beragam masakan sayuran yang berbeda untuk menikmati waktu berbuka puasa.

Lauk dengan Kandungan Protein



Protein menjadi salah satu jenis nutrisi yang baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kita bisa mengonsumsi protein hewani ataupun protein nabati yang bisa diolah dengan beragam variasi masakan enak.

Nah, untuk buka puasa di hari pertama sudah adakah menu yang akan dimasak hari ini?

Comments

  1. Hari pertama puasa ya mbak..

    Emang harus makan dan minum yg baik

    Biar tetap strong puasa sampai akhir

    ReplyDelete
  2. Makasih gan, infonya,.
    http://bit.ly/2uxSB0t

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni