Kenali Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa



Saat puasa terkadang tercium bau mulut yang tidak sedap dari mulut kita. Selain mengganggu rasa kepercayaan diri kita, bau mulut juga mengganggu interaksi dengan orang lain. Agar saat berpuasa, dapat terhindar dari bau mulut, kita harus mengetahui penyebab bau mulut terlebih dahulu.

Bau mulut yang tidak sedap ini dalam istilah medis lebih sering dinamakan dengan halitosis. Ternyata penyebabnya tidak hanya berasal dari gangguan kesehatan gigi dan gusi saja, tetapi ada beberapa penyebab lain yang membuat bau mulut menjadi tidak sedap.

Nah, agar selama puasa ini terhindar dari bau mulut, yuk kita kenali penyebab bau mulut agar selama puasa nafas tetap segar dan performa ketika bertemu dengan orang lain bisa terjaga.

Penyebab Bau Mulut

Penyebab bau mulut pada umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, ada sebab lain yang mengakibatkan bau mulut semakin tak sedap. Berikut selengkapnya:

1. Xerostomia

Xerostomia merupakan gangguan produksi air liur yang menyebabkan mulut kering. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di dalam rongga mulut.

2. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan yang disebabkan mikroorganisme H. pylori akan membuat risiko bau mulut tak sedap. Biasanya adanya bakteri tersebut memicu terjadinya maag dan GERD.

3. Sinusitis

Bagi seseorang yang memiliki sinusitis tak hanya rongga hidungnya saja yang berbau tak sedap, tetapi di dalam rongga mulutnya pun berbau kurang sedap.

4. Alkohol

Gaya hidup yang tak sehat dengan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap karena bau alkohol yang menyengat.

5. Menjalani Pengobatan Tertentu

Bagi seseorang yang memiliki riwayat penyakit dengan terapi atau pengobatan tertentu akan berdampak pada bau mulut yang tak sedap.

6. Konsumsi Gula Berlebih

Bagi seseorang yang menyukai makanan manis, harap berhati-hati karena dapat memicu bau mulut yang tidak sedap.

7. Konsumsi Makanan Berbau Tajam

Konsumsi makanan yang memiliki bau tajam, seperti bawang putih, bawang Bombay, makanan pedas, ataupun kopi akan meningkatkan risiko bau mulut yang tak sedap.

8. Sikat Gigi Kurang Tuntas

Adakalanya kita melakukan sikat gigi tidak secara menyeluruh. Hal inilah yang menyebabkan tumbuhnya plak dalam gigi yang nantinya berakibat bau mulut tak sedap.

Semoga informasi di atas membantu

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni