Mengatasi Rambut Rontok Karena Ketombe


Bagi wanita yang berhijab mungkin masalah rambut tidak terlalu penting untuk dirawat. Tetapi, jika diperhatikan ternyata ada banyak masalah rambut ketika tidak dirawat dengan baik.

Beberapa masalah rambut yang sering dialami wanita berhijab salah satunya adalah rambut rontok. Meski sepele, masalah kerontokan rambut cukup menyebalkan dan membuat lantai kotor.

Nah, bagi yang rambutnya rontok, ada baiknya mengenali penyebab kerontokan rambut sebelum mengatasi kerontokannya. Hal ini akan mempermudah perawatan rambut dan hasilnya akan langsung terlihat.

Penyebab Kerontokan Rambut

1. Ketombe

Ketombe menjadi salah satu hal yang membuat rambut lebih mudah rontok. Terlebih bagi wanita berhijab yang lebih menutup rambutnya dan inilah yang membuat rambut lebih lembab dan ketombe lebih mudah bersarang. Nah salah satu hal yang paling menyebalkan adalah ketika ketombe banyak bersarang di dalam rambut. Selain membuat rambut menjadi lepek, ketombe juga membuat rambut menjadi lebih tipis.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya terjadi ketika wanita hamil, menyusui, haid, ataupun sedang menggunakan alat kontrasepsi.

3. Stres

Meski sepele, stres dapat memicu kerontokan rambut.  Memang tidak semua orang yang stres mengalami kerontokan. Tetapi, jika stres tidak dapat dikelola dengan baik akan membuat rambut semakin rontok.

4. Terapi Tertentu

Bagi yang sedang menjalani terapi, seperti kemoterapi akan lebih mudah mengalami kerontokan.

Cara Menghilangkan Ketombe

1. Tidak Membiarkan Rambut Basah Tertutup Hijab

Bagi yang berhijab dan ingin keramas, ada baiknya mengeringkan rambutnya terlebih dahulu. Rambut yang masih basah dan langsung ditutupi hijab akan membuat kondisi kulit kepala lebih lembab yang akan memicu pertumbuhan jamur dan memicu tumbuhnya ketombe pada rambut.

2 . Menggeraikan Rambut

Rambut yang selalu diikat atau dikucir akan membuat rambut sulit untuk bernapas. Ada baiknya ketika malam hari, biarkan rambut tergerai agar rambut lebih leluasa. Hal ini akan membuat kulit rambut menjadi lebih kering dan terbebas dari ketombe.

3. Gunakan Produk Anti Hair fall dan anti dandruff

Beragam produk anti rontok dan anti ketimbe banyak tersedia di pasaran. Mulai dari shampo, conditioner, dan serum rambut. Dengan menggunakan produk anti kerontokan rambut akan mengurangi kerontokan rambut dan rambut menjadi lebih sehat. Nah, salah satu produk yang saya pakai adalah ini.



Nah, itulah tips merawat rambut rontok karena ketombe yang biasa saya lakukan. Kalau kamu, cara apa yang biasa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok? 

Comments

Popular posts from this blog

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm