Waspada Promo Belanja Online



Di bulan Ramadhan ini banyak marketplace ataupun toko online banyak yang mengadakan promo sale Ramadhan. Tak hanya produk busana saja yang didiskon untuk menyambut lebaran, tetapi juga produk lain seperti kosmetik, bahan pangan, ataupun peralatan elektronik.

Agar tidak terlalu boros, tentunya harus ada trik dalam mengelola keuangan. Terlebih di bulan Ramadhan bahan pangan akan mengalami kenaikan dan adanya penambahan dana untuk beberapa kebutuhan lain akan terkuras di bulan Ramadhan.

Buat Rencana Pengeluaran 

Agar pengeluaran tidak membengkak di bulan Ramadhan, terlebih dahulu buat pos-pos keuangan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari dan kebutuhan ibadah. Kita bisa menyiapkan dana cadangan jika sewaktu-waktu membutuhkan dana cadangan tersebut untuk hal yang sangat penting dan mendesak. Misal, untuk pergi ke dokter karena sakit.

Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Adanya promo belanja online kadang menjadi hal yang tidak bisa terkontrol karena tidak setiap bulan ada promo tersebut, terkadang terbersit ingin memiliki barang tersebut meski sebenarnya tidak terlalu penting. Nah, agar tidak tergiur dengan mudah ketika membuka marketplace atau media sosial, saring kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan sangat penting. Hal ini akan menghindarkan kita dari sifat boros dan berlebih-lebihan.

Persiapkan Kebutuhan Lebaran Sebelum Ramadhan Tiba

Agar keuangan tidak membengkak di bulan Ramadhan, ada baiknya mempersiapkan beragam kebutuhan Ramadhan, seperti pakaian jauh sebelum Ramadhan tiba. Selain untuk menghemat pengeluaran di bulan Ramadhan juga akan membantu kita lebih fokus pada ibadah selama Ramadhan.

Tahan Nafsu

Ada kalanya melihat-lihat marketplace justru karena kita terlalu bernafsu untuk membeli banyak barang yang tidak terlalu penting. Selain akan menjadi barang yang mubazir karena setelah lebaran jarang dipakai. Jiwa boros dan konsumtif akan terus berada di jiwa kita ketika promo diskon online mulai berdatangan di bulan berikutnya.

Nah, itulah trik yang saya jalani untuk menahan diri agar tidak konsumtif dan hanya membeli barang yang diperlukan saja. Semoga bermanfaat buat yang ingin tetap berhemat tapi tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Wardah Everyday Fruity Sheer Lip Balm