Kegiatan Menjelang Lebaran



Setelah 30 hari menjalankan ibadah puasa, lebaran akan menanti di tanggal 1 Syawal. Sebelum berlebaran, ada beberapa kegiatan yang biasanya kita lakukan untuk menyambut lebaran. Kalau di daerahku biasanya sih masyarakat lebih sering melakukan kegiatan berikut.

Apa saja kegiatannya? simak di bawah ini.

Membersihkan Rumah

Lebaran merupakan momen untuk saling bersilaturahmi. Agar kerabat dan saudara betah berada di rumah kita, pastikan rumah sudah bersih, sehingga nyaman untuk disinggahi. Beberapa masyarakat Indonesia biasanya melakukan kegiatan ini sebelum lebaran. Mulai dari membersihkan debu dan kotoran yang menempel, mengepel lantai, hingga menggunakan pewangi ruangan agar ruangan menjadi wangi saat lebaran tiba.

Belanja untuk Kebutuhan Selama Lebaran

Menjelang lebaran, pasar menjadi tempat dimana banyak orang mengunjunginya. Selain untuk membeli aneka busana untuk dipakai di hari raya, beberapa orang juga memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan pangan selama lebaran. Meskipun beberapa mengalami kenaikan harga, mau tidak mau masyarakat harus membeli kebutuhan pangan, karena biasanya saat lebaran tiba tidak ada warung yang buka.

Ziarah Kubur

Ziarah kubur menjadi salah satu tradisi menjelang lebaran, terutama untuk mengunjungi makam keluarga terdekat. Biasanya menjelang lebaran akan ramai penjual bunga di beberapa pasar ataupun dekat makam.

Melakukan Beberapa Pekerjaan Rumah

Agar di hari lebaran tidak terjadi penumpukan aktivitas rumah tangga, beberapa orang akan membereskan kegiatan rumah tangga, seperti mencuci pakaian dan menyetrika sebelum lebaran. Momen ini juga biasanya sekalian dengan mencuci aneka peralatan dapur ataupun membersihkan beberapa bagian rumah yang memerlukan semprotan air.

Membagikan Zakat

Zakat merupakan kewajiban setiap muslim. Di penghujung bulan Ramadhan, biasanya akan ada pembagian zakat yang harus dilakukan. Untuk zakat fitrah menjadi kewajiban setiap muslim untuk diberikan kepada yang berhak. Sedangkan bagi yang sudah memenuhi nisab penghasilan atau tabungan baik dalam uang atau emas, perak, hasil ternak, dan hasil kebun harus dikeluarkan minimal berdasarkan yang dipunyai.

Nah, kalau di sini biasanya hal-hal tersebut yang dilakukan menjelang lebaran. Kalau di daerahku ada kegiatan khususnya tidak?

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband