Daftar Peralatan MPASI yang Perlu Dipersiapkan



MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu merupakan salah satu hal yang perlu dipersiapkan ibu ketika anak menginjak usia 6 bulan. Meskipun banyak makanan instan yang tersedia di pasaran, membuatkan menu MPASI rumahan bisa dilakukan dengan mudah dengan beberapa peralatan pendukungnya.

Slow Cooker



Slow cooker menjadi salah satu peralatan MPASI yang dapat memudahkan untuk membuat MPASI anak. Meskipun proses memasaknya membutuhkan waktu yang cukup lama, penggunaan slow cooker cukup membantu dibanding jika harus membuat menu MPASI menggunakan kompor.

Food Maker



Selain slow cooker, food maker dapat membantu mempersiapkan MPASI dengan cukup mudah. Biasanya food maker terdiri dari perasan jeruk, saringan kawat, ulekan, dan parutan.

Sendok dan Mangkok Makan



Di pasaran, sudah tersedia berbagai macam produk sendok dan mangkok makan bayi dengan berbagai pilihan merek dan harga. Ada baiknya untuk memilih sendok makan yang tumpul dan mangkok makan yang BPA free untuk keamanan bayi.

Gelas Bayi



Gelas Bayi bisa dipersiapkan dengan membeli produk drinking set yang bisa digunakan hingga bayi berusia 2 tahun. Untuk usia bayi 6 bulan bisa dikenalkan dengan spout untuk melatih bayi meneguk air dari gelas.

High Chair/ Booster Set



Ketika bayi sudah mampu duduk sendiri ini berarti bayi sudah mampu menerima MPASI. Dengan bantuan high chair ataupun booster set dapat membantu bayi duduk sendiri dan bayi lebih nyaman ketika disuapi.

Food Processor



Alat ini diperlukan saat bayi masih mengonsumsi menu MPASI dengan tekstur yang lunak. Selain food processor, blender juga bisa mengganti fungsi menghaluskan bahan makanan tanpa harus membeli jenis alat ini.

Pisau dan Talenan



Meskipun peralatan ini sudah dimiliki di rumah, dua peralatan ini bisa dibedakan dengan peralatan masak yang biasa digunakan. Hal ini untuk menghindari kontaminasi bahan MPASI yang dapat mengganggu kesehatan bayi.

Food Container



Peralatan ini bisa digunakan untuk menyimpan menu MPASI bayi untuk jam makan selanjutnya. Selain itu, food container juga bisa digunakan untuk menyimpan UB ataupun keju dalam kulkas.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband