Kesalahan dalam Penggunaan Skincare



Memiliki kulit sehat dan glowing bisa didapatkan dengan perawatan wajah secara teratur dan telaten. Memang tidak dapat dipungkiri, perawatan wajah membutuhkan waktu yang tak singkat dengan biaya yang tidak sedikit. Tetapi jika rutin dilakukan, efek yang dirasakan dari penggunaan skincare akan bertahan jauh lebih lama dibandingkan dengan memolesnya dengan make up.

Meskipun banyak jenis skincare yang beredar di pasaran, ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam penggunaan skincare agar efek yang dihasilkan semakin nyata. Berikut beberapa kesalahan dalam penggunaan skincare yang banyak dilakukan:

Tidak Menggunakan Sunscreen

Sunscreen menjadi salah satu jenis skincare yang banyak diabaikan oleh sebagian orang. Padahal dengan menggunakan sunscreen, wajah akan terlindungi dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan kulit terbakar, menjadi lebih sensitif, hingga menyebabkan penuaan dini.

Dari hasil penelitian, sunscreen merupakan jenis skincare yang berfungsi sebagai anti aging. Meskipun di beberapa produk moisturizer terdapat kandungan sunscreen, penggunaan produk sunscreen tetap harus diaplikasikan di wajah agar perlindungan terhadap kulit wajah semakin maksimal.

Lupa Melakukan Double Cleansing

Double cleansing bisa dilakukan di malam hari sebelum tidur. Double cleansing dilakukan ketika kulit wajah diberikan make up ataupun menggunakan sunscreen di pagi hari. Double cleansing bisa dilakukan dengan menggunakan pembersih berbasis milk ataupun oil ditambah dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Dengan melakukan double cleansing, maka wajah menjadi lebih bersih dan siap menerima pemberian skincare saat malam hari. Selain itu, dengan melakukan double cleansing dapat mencegah timbulnya jerawat dan komedo di wajah.

Terlalu Banyak Mengeksfoliasi Wajah

Beberapa orang lebih menyukai mengeksfoliasi wajah karena dianggap dapat membuat kulit lebih bersih dan lebih cerah. Tetapi eksfoliasi wajah yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih tipis. Selain itu, eksfoliasi wajah yang tidak disertai dengan penggunaan sunscreen di pagi hari dapat menyebabkan terjadinya penuaan dini lebih cepat dan kulit wajah menjadi rusak.

Mudah Tergiur dengan Hasil yang Instan

Beberapa produk diklaim dapat memberikan hasil instan. Biasanya produk pemutih wajah dengan embel-embel dalam satu minggu dapat memberikan hasil yang nyata pada kulit. Yang perlu diperhatikan oleh para pengguna skincare pemula adalah bahan yang digunakan dalam skincare yang dijual. Ada baiknya menghindari penggunaan bahan merkuri atau hydroquinone dan perhatikan nomor BPOM yang tercantum dalam produk tersebut.

Kulit Berminyak Tetap Membutuhkan Pelembab

Beberapa orang banyak yang berasumsi bahwa kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab dengan alasan akan membuat kulit menjadi lebih berkilang minyak. Padahal kulit berminyak juga membutuhkan pelembab untuk mencegah dehidrasi kulit. Ada baiknya memilih produk skincare dengan kandungan yang diformulasikan untuk kulit berminyak.

Dengan memperhatikan beberapa kesalahan skincare di atas, diharapkan dapat menghindarkan kulit wajah dari beberapa masalah kulit wajah.

Comments

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Wardah Aloe Vera Gel : Satu Gel untuk Semua Kebutuhan

Resensi Buku : The Perfect Husband