Mengatasi Heartburn Saat Hamil



Permasalahan saat hamil setiap ibu memang tidaklah sama. Terkadang ada yang merasakan berbagai masalah saat hamil, ada pula yang merasa sehat dan tidak bermasalah. Nah, salah satu masalah kehamilan yang biasanya banyak dialami oleh ibu hamil adalah heartburn.

Apakah yang dimaksud dengan heartburn?

Heartburn merupakan suatu kondisi dimana dada merasa terbakar yang disertai rasa perih dan panas. Kondisi ini tidak hanya dialami oleh ibu hamil saja. Tetapi dalam keadaan hamil, risiko untuk terkena heartburn diakibatkan karena pembesaran rahim yang menekan lambung.

Heartburn sendiri terjadi karena naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan. Hal ini menyebabkan rasa perih dan panas di dada bagian atas. Meskipun begitu, heartburn tidak ada hubungannya dengan berbagai penyakit yang menyerang jantung.

Apa saja penyebab terjadinya heartburn saat hamil?

Pada umumnya, heartburn terjadi karena adanya kesalahan mengonsumsi makanan yang membuat asam lambung naik. Meskipun begitu, ada beberapa faktor lain yang ikut serta menjadi risiko terjadinya heartburn.

1. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa menyebabkan risiko terjadinya heartburn. Biasanya makanan pedas, asam, berlemak dapat memperbesar risiko terjadinya heartburn. Begitu pula dengan minuman berkafein, beralkohol, dan mengandung mint juga turut serta menjadi risiko heartburn.

2. Posisi Tubuh

Posisi berbaring setelah makan tidak dianjurkan karena dapat memicu asam lambung naik ke kerongkongan yang menyebabkan terjadinya heartburn.

3. Tekanan pada Tubuh

Tekanan pada tubuh, terutama saat hamil akan memperbesar risiko lambung tertekan dan menyebabkan asam lambung naik.

Bagaimana cara menanggulangi heartburn saat hamil?

Ketika ibu hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang memicu naiknya asam lambung, sebenarnya heartburn akan hilang secara sendiri seiring selesainya proses pencernaan makanan.

Akan tetapi, untuk mencegah terjadinya heartburn saat hamil, ada baiknya ibu hamil selektif dalam mengonsumsi makanan agar tidak terkena masalah heartburn yang membuat rasa tidak nyaman.

Comments

  1. Perjuangan seorang ibu, ya. Saat hamilnya saja banyak 'keluhan' yang harus siap dihadapi....

    Sehat-sehat ya, bumil... 🥰

    ReplyDelete
  2. Baru tau soal heartburn ini mbaa. Terimakasih informasinya 💐

    ReplyDelete
  3. Kalau aku pas usia 8 bulan kerasanya sesak dadanya

    ReplyDelete
  4. Wah, baru tau istilah heartburn, alhamdulillah wktu hamil tdk merasakannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni