Review : Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Hypnobirthing



Judul Buku    : Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Hypnobirthing
Penulis          : Defin Muhepi, SKM dan Atin Murtiningsih, S.Psi
Penerbit             : Dunia Sehat
No ISBN              : 978-602-19756-9-5
Tebal Buku       : 145 halaman

Bagi sebagian ibu hamil, melahirkan merupakan proses yang menegangkan bahkan beberapa ada yang mengalami gejala kecemasan. Beragam cerita melahirkan yang sulit ataupun sakit bagi sebagian ibu menjadi salah satu pemicu ketegangan saat proses melahirkan. Salah atau cara untuk mengurangi rasa tegang dan rasa sakit saat melahirkan adalah dengan menggunakan metode hypnobirthing.

Dengan adanya persiapan kelahiran bayi yang kuat, baik secara fisik dan mental akan membantu ibu hamil dalam melalui proses persalinan. Terutama dengan adanya dukungan pasangan maupun keluarga terdekat akan membantu kelancaran ibu menjelang proses bersalin.

Dalam buku ini dijelaskan secara detail bagaimana proses melahirkan tanpa rasa sakit. Hal ini berlaku untuk kelahiran secara normal, dimana ibu tidak terlalu lama menahan sakit, bahkan tanpa menerima jahitan meski bayi yang dilahirkan memiliki bobot yang cukup besar.

Selain menjelaskan mengenai bagaimana mempersiapkan proses bersalin hingga tahap-tahap melahirkan menggunakan teknik hypnobirthing, buku ini juga menjelaskan bagaimana perkembangan bayi, hal yang seharusnya dilakukan oleh ibu, hingga sehat dan bahagia setelah kelahiran bayi.

Cukup lengkap untuk sebuah buku yang ingin dibaca oleh ibu hamil. Selain bisa memperoleh informasi mengenai cara melahirkan tanpa rasa sakit, ada juga penjelasan mengenai baby blues. 

Ulasan yang terdapat pada buku pun cukup lengkap. Terlebih didukung oleh beberapa tabel yang memudahkan pembaca untuk mengetahui segala informasi tanpa harus ribet membaca paragraf  per paragraf. Selain itu, terdapat beberapa kuesioner yang bisa diisi lengkap dengan interpretasinya. Ada pula kisah nyata dari beberapa ibu yang berhasil melakukan proses hypnobirthing, sehingga dapat memotivasi ibu hamil lain untuk tidak panik dan cemas menjelang masa kelahiran bayi.

Hanya saja, gambar pendukung untuk melakukan beberapa langkah dari senam hamil ataupun langkah metode hypnobirthing tidak ada. Jadi, mungkin agak bingung dengan gerakan yang dimaksud. Terlebih ketika hamil tidak diperbolehkan untuk melakukan gerakan yang dapat membahayakan janin. Jika terdapat gambar pendukung, pembaca menjadi lebih mudah dalam mengartikan langkah demi langkahnya.

Bagi yang ingin membaca buku ini, bisa pinjam melalui I-Pusnas yang tersedia 20 buku. Sehingga tidak perlu antri dalam meminjamnya. Secara keseluruhan sih buku ini rekomen buat dibaca oleh para ibu hamil yang menantikan masa persalinannya.


Comments

  1. Sangat bermanfaat mba KiKy tulisannya, meski saya belum menjadi ibu

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Mbak Kiky...
    Tulisan Mbak Kiky melengkapi informasi yang saya dapat hari ini.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih ulasannya Kak ❤️

    ReplyDelete
  4. Manstap. Hypnobirthing dan relaksasi menjadi koentji

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi referensi nih kalo udah nikah😂 trus hamil

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat sekali untuk saya mbak 🤗

    ReplyDelete
  7. Sering dengar hypnobirthing taoi ngga tahu cara-caranya, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

5 Area dalam Metode Montessori

Spot Foto Ciamik di Wana Wisata Sreni