Resolusi Menulis 2020



Berbicara mengenai dunia kepenulisan, tahun 2019 cukup membuat saya keteteran dalam menulis. Terlebih karena pengaruh hormon yang membuat saya sering kehabisan ide untuk menulis di blog. Meski begitu, ada beberapa kemajuan yang saya rasakan untuk penulis pemula yang masih belajar menulis.

Blogging

Membuat blog dan mengisinya menjadi latihan menulis yang cukup efektif bagi saya. Hanya saja hingga tulisan ini akan dipublikasikan, blog saya hanya mempublikasikan sebanyak 113 postingan saja. Dibandingkan dengan tahun 2018, tentu jumlah ini cukup turun dari yang semula sejumlah 186 postingan. Meskipun turun cukup banyak, hal ini bukan menjadi pematah semangat saya untuk terus menulis postingan blog.

Tapi Alhamdulillah baru di tahun ini saya menerima job postingan di blog. Meski baru pertama kalinya, hal tersebut cukup menaikkan semangat saya dalam memposting beberapa tulisan di blog.

Meski tahun ini hanya sedikit mengikuti lomba blog dan belum ada yang berhasil, setidaknya menjadi bahan evaluasi saya di tahun besok. Memang tidak muluk-muluk untuk harus bisa memenangkan lomba blog, tetapi setidaknya saya pernah mencoba mengikuti lomba blog dan bisa blogwalking beberapa blog yang bisa memenangkannya.

Perubahan hormon memang cukup signifikan membuat saya malas untuk menulis di blog. Apalagi jika tidak ada challenge untuk membuat postingan di blog cukup memberatkan saya untuk menuliskannya. Bersyukur di tahun ini ada challenge dari BPN dan itu cukup membuat saya semangat lagi dalam menulis di blog.

Melihat banyak sekali target blogging saya yang tidak tercapai di tahun ini, saya memiliki mimpi untuk terus menulis di blog. Memang tidak terlalu banyak mimpi di tahun 2020 mengenai dunia blogging. Terlebih di tahun depan sudah ada anggota keluarga baru dan ingin berfokus pada homeschooling anak pertama.

Content Writer

Mungkin salah satu kemajuan yang banyak saya rasakan di tahun ini adalah karir sebagai content writer. Meski honor tidak mencapai UMR, tapi entah mengapa saya merasa nyaman memiliki profesi sampingan ini. Selain tetap bisa menemani anak belajar di rumah, menjadi content writer seperti candu yang membuat ingin cepat menyelesaikan satu tulisan untuk kemudian ketagihan untuk menuliskannya lagi.

Terbit Buku

Jika targetan di tahun kemarin saya berencana menerbitkan buku solo. Hanya saja saya tidak jadi melanjutkan karena mood menulis saya sedang turun. Meski begitu, saya berencana melanjutkan tulisannya saya yang tinggal sedikit lagi akan selesai tersebut untuk diselesaikan di tahun besok. Semoga bisa terealisasi.

Comments

  1. Mbak Kiky kan sibuk ngurusi anak²nya di BunSay, jadi yaa maklumlah kl gak terlalu maksimal mencapai target. Terima kasih yaa

    Selamat hari ibu ♡

    ReplyDelete
  2. Yuk sama-sama berjuang buat mencapai target tahun depan ya Ky. Insya Allah tahun depan lebih baik dari tahun ini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Masker Beras Series Byvazo

Resensi Buku : The Perfect Husband

Spot Foto Kekinian di Selam Semliro