Menemukan Cara Belajar

Belajar tidak hanya diperuntukkan untuk anak sekolah saja. Belajar merupakan sebuah proses untuk mencapai sebuah hasil. Dengan belajar bukan hanya untuk menambah ilmu saja, tetapi juga untuk menambah ketrampilan.

Di pekan ketiga ini, kami belajar menemukan cara belajar sebagai seorang pembelajar mandiri. Sebagaimana seorang pembelajar mandiri yang tidak bergantung pada orang lain, belajar pun bisa dilakukan dengan beragam media sesuai dengan gaya belajar.



Tujuan Belajar

Untuk tahun ini saya memfokuskan diri untuk belajar mengenai perawatan bayi, food preparation, dan pendidikan anak usia dini. Tujuan belajarnya saja sesuaikan dengan ketrampilan yang ingin saya kuasai, yaitu mengenai manajemen waktu dan manajemen konflik.

Dengan mempelajari tiga hal di atas, maka saya sekaligus belajar mengenai manajemen waktu. Dimana antara mengurus dan mendidik anak diperlukan keseimbangan dengan memasak yang sesuai dengan lidah suami tanpa harus berlama-lama menghabiskan waktu di dapur.

Manajemen konflik sendiri menurut saya tergantung dari manajemen waktu yang sudah terlaksana. Dimana saat waktu bisa terbagi dengan sempurna, ketika ada konflik di rumah, maka otak masih bisa berpikir sambil mencari jalan untuk memecahkannya.

Ilmu yang Diperlukan

Belajar mengenai tiga hal di atas kemudian saya kelompokkan kembali agar tidak terlalu over ilmu yang akan saya pelajari. Untuk itu, saya membuat peta belajar sesuai dengan apa yang ingin saya pelajari.

Perawatan Bayi

Dalam perawatan bayi, ada beberapa hal yang ingin saya pelajari. Di antaranya yang ingin dan akan saya pelajari meliputi:
- perawatan bayi baru lahir
- teknik menggendong
- MPASI 
- Manajemen ASIP

Food Preparation

Memasak memang bukan hal yang saya sukai. Tetapi ingin saya pelajari karena termasuk dalam hal penting dan cukup mendesak bagi keluarga saya. Terlebih karena ada dukungan dari suami untuk belajar memasak.
- mengelola keuangan untuk menu masakan
- membuat menu sehari-hari
- teknik menyimpan bahan masakan

Pendidikan Anak Usia Dini

Meskipun anak sudah memasuki masa usia TK, saya tidak memiliki rencana untuk memasukkan anak ke jalur pendidikan TK. Untuk itu, saya memerlukan beberapa ilmu untuk mendidik sendiri anak di rumah.
- Montessori
- calistung 
- teknik menghafal Quran untuk anak

Sumber Ilmu

Beberapa ilmu yang ingin dan akan saya pelajari dalam satu tahun ini ingin saya dapatkan dari berbagai sumber. Meskipun di awal tahun ini akan ada kehadiran anggota keluarga baru, bukan berarti saya harus berhenti untuk belajar. Dengan adanya anggota keluarga baru akan saya jadikan pelecut semangat untuk terus belajar.

Meski tidak bisa belajar secara langsung kepada ahlinya. Ada beberapa referensi sumber ilmu yang akan saya pelajari:
- buku (dengan adanya iPusnas, saya terbantu untuk beberapa ilmu yang ingin saya pelajari. Beberapa buku sudah saya buatkan reviewnya yang ada di label Review Buku)
- YouTube
- Kuliah Whatsapp untuk materi yang berkaitan dengan ilmu yang ingin saya pelajari
- bergabung di beberapa grup komunitas ilmu yang ingin saya pelajari

Cara Belajar

Karena saya memiliki gaya belajar visual. Maka saya menyiapkan catatan khusus mengenai ilmu yang ingin saya pelajari. Saya merangkum materi yang saya dapatkan baik secara audio maupun tulisan.



Sedangkan untuk ilmu yang saya dapatkan dari membaca buku ataupun menonton video di YouTube biasanya saya akan menuangkannya di dalam postingan di blog saya ini.

Dengan merangkum materi ilmu yang sudah saya dapatkan membuat saya menjadi lebih mengerti dibandingkan jika saya harus mendengar audio yang membuat saya cenderung tidak mengerti dengan apa yang saya dengarkan.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial Mengerjakan Tugas di Google Classroom

Review: Masker Beras Series Byvazo

Resensi Buku : The Perfect Husband