Penting Bagi Orang Tua Mengajarkan Kegagalan pada Anak



Kegagalan merupakan hal yang lumrah terjadi pada setiap fase kehidupan. Tak terkecuali para anak-anak yang tak luput dari kegagalan atas apa yang dialaminya. Agar anak tak putus asa dan tetap percaya diri terhadap kegagalan yang dialaminya, penting bagi orang tua mengajarkan kegagalan pada anak.

Meski pada dasarnya mendidik anak harus diberikan kasih sayang, bukan berarti Anda harus terus-menerus memberikan pujian kepada anak. Ada baiknya pula Anda juga memberikan pengertian tentang arti kegagalan kepada anak.

Pentingnya Mengajarkan Kegagalan pada Anak

Kegagalan bukanlah hal yang menakutkan bagi anak. Anda bisa mengajarkan arti kegagalan pada anak karena dapat bermanfaat bagi kehidupan anak. Selain berguna untuk kehidupan anak sekarang, jika anak mampu menerima kegagalan yang dialaminya akan menjadi prinsip hidup yang akan bermanfaat untuk kehidupannya di masa mendatang. 

Proses untuk mengajarkan kegagalan memang bukanlah hal yang instan. Tetapi, ketika Anda mampu dan anak bisa menerima kegagalan, tentu saja akan memberi pengaruh besar pada kehidupan anak. Berikut ini manfaat mengajarkan kedisiplinan pada anak:

1. Anak Tak Mudah Putus Asa

Ketika anak mampu menerima kekalahan, anak tidak akan berputus asa terhadap kegagalan yang diterimanya. Anak akan terus berjuang dengan gigih terhadap apa yang ingin dicapainya. Anda bisa mengajak anak mencari penyebab kegagalan tersebut dengan harapan anak mampu belajar dari sebab kegagalan yang dialaminya.

2.Anak Tetap Optimis

Saat anak mengalami kegagalan, anak akan belajar lebih banyak untuk menganalisis penyebab dari kegagalan tersebut. Dengan mengetahui kesalahan yang telah dilakukannya tersebut, anak akan belajar mengenai pemecahan masalah. Hasil belajar inilah yang akan membuat anak lebih optimis. Ada baiknya Anda tetap mendampingi anak hingga berhasil dengan apa yang diinginkannya tersebut, sehingga penting bagi orang tua mengajarkan kegagalan pada anak.

3. Anak Menjadi Lebih Percaya Diri

Dengan mengetahui kekurangan yang menyebabkan dirinya gagal, anak akan introspeksi diri. Anak tidak akan lagi mengulang kesalahan yang sama. Anak akan belajar lebih banyak tentang bagaimana usahanya untuk meraih keberhasilan. Hal inilah yang akan membuat anak lebih percaya diri terhadap apa yang dilakukannya, karena anak sudah mengetahui kesalahan yang membuatnya gagal.

Anda bisa memberikan solusi kepada anak. Solusi yang Anda berikan bisa menjadi masukan untuk menjadi usaha untuk memperbaiki kesalahan atas kegagalannya.

Tips Mengajarkan Kegagalan pada Anak

Agar anak bisa menerima kegagalan, Anda harus berperan aktif dalam mengajarkan nilai-nilai positif agar anak tidak terus-menerus meratapi kegagalan. Nah, berikut ini tips yang bisa Anda berikan kepada anak agar anak mau menerima setiap kegagalan dari usahanya tersebut.

1. Memberikan Teladan

Sebagai orang tua, Anda harus memberikan teladan yang baik untuk anak. Hal ini dikarenakan anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Anda bisa menunjukkan sikap seorang ksatria saat Anda mengalami kegagalan. Hindari menunjukkan rasa stres saat Anda mengalami kegagalan.

Anda bisa menunjukkan usaha Anda untuk memperbaiki kesalahan. Dengan melihat usaha yang Anda lakukan akan membuat anak mengerti sikap yang harus dilakukan ketika anak mengalami kegagalan.

2. Amati Sikap Anak

Saat anak mengalami kegagalan, Anda bisa mengamati apa yang anak lakukan. Jika anak merasa kecewa, hal tersebut normal terjadi. Tetapi jika sikap anak membuat anak menjadi stres, Anda perlu memotivasi anak untuk menerima kegagalan dan berusaha memperbaiki kesalahannya.

Anda bisa berbicara kepada anak tentang perasaan anak saat mengetahui kegagalannya. Sebelum Anda berbicara kepada anak, ada baiknya Anda memberikan waktu kepada anak untuk berdiam diri agar anak mampu menerima kegagalan.

3. Beri Waktu dan Ruang Anak Bereksplorasi

Saat anak mengalami kegagalan, Anda bisa memberikan ruang untuk anak mencari tahu penyebab dari kegagalan. Anda bisa mendampingi jika anak menginginkan masukan dari orangtuanya. Hindari memberikan pengarahan kepada anak agar anak lebih percaya diri terhadap apa yang dilakukannya.

Kegagalan merupakan proses belajar anak dalam meraih kesuksesan. Selain bermanfaat bagi perkembangan anak, anak akan menjadi pribadi yang lebih positif dalam menghadapi sebuah masalah dalam kehidupannya. Untuk itulah penting bagi orang tua mengajarkan kegagalan pada anak agar anak menjadi lebih tangguh dan gigih.

Tidak ada komentar